Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Bos Besar Suzuki Lengser

Berita Otomotif

Bos Besar Suzuki Lengser

TOKYO - Akibat skandal manipulasi hasil tes emisi belasan model di Jepang, bos besar Suzuki akhirnya memilih mundur. Ini adalah bentuk tanggungjawabnya terhadap masalah perusahaan.

CEO dan Chairman Suzuki Motor Corp, Osamu Suzuki akan mengundurkan diri sebagai CEO, meski akan tetap mempertahankan posisinya sebagai Chairman.

Selain Osamu Suzuki, Executive Vice President Osamu Honda juga memilih untuk pensiun setelah berkarir selama lbih dari 40 tahun di Suzuki.

Melihat dua petingginya mundur, produsen kendaraan terbesar nomor 4 di Jepang itu mengatakan bahwa mereka belum memutuskan pengganti keduanya. Pengunduran diri keduanya baru akan efektif pada 29 Juni setelah disetujui oleh pemegang saham pada rapat umum tahunan perusahaan.

Sebelumnya, Suzuki sebenarnya sudah mengeluarkan permintaan maaf dan mengaku melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memperjelas situasi.

Suzuki mengakui kalau metode pengetesan mobil mereka berbeda dibanding metode yang diatur pemerintah Jepang. Meski begitu, model-model yang dijual untuk pasar luar Jepang tidaklah terpengaruh.

Di antara 16 model yang diselidiki, Jimny, Jimny Sierra dan Escudo 2.4 tidak terpengaruh, sedangkan Alto Eco sudah dihentikan penjualannya karena akhir produksinya adalah November 2014.

Suzuki lalu memaparkan tengah mengembangkan sebuah metode sendiri untuk menyesuaikan hasil dengan berbagai ketentuan global. Namun krisis ekonomi dunia di tahun 2008 diakui mereka membuat pengembangan metode itu terhenti yang pada akhirnya membuat metode pengujian Suzuki menjadi tidak sesuai ketentuan.

Walaupun begitu, meski berbeda metode, Suzuki menegaskan tidak ada dampak pada efisiensi bahan bakar produk mereka.

"Dalam proses investigasi internal kami pada dokumen yang terkait dan wawancara dengan orang-orang yang terkait, menegaskan bahwa tidak ada niat untuk memanipulasi konsumsi bahan bakar," tulis brand yang identik dengan huruf 'S' tersebut. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang