Bolehkah Wanita Hamil Mengemudi saat Mudik?

Panduan Pembeli

Bolehkah Wanita Hamil Mengemudi saat Mudik?

JAKARTA – Kemampuan mengemudi perempuan memang sudah tidak dapat dipandang sebelah mata.

Tidak sedikit di antara mereka yang memilih untuk mengemudikan mobil sendiri bahkan keluar kota. Namun bolehkah mengemudi mobil keluar kota saat kondisi hamil? Menurut Dr. Cepi Teguh Pramadya, SpOG, dokter spesialis kandungan di RS Evasari hal tersebut dibolehkan namun ada beberapa catatan penting.

Salah satu di antaranya adalah ibu hamil yang mengemudi hanya menjadi sopir cadangan dan kondisi sang ibu masih dalam kondisi bugar.

“Tapi secara logika jika usia kehamilan sudah besar sebaiknya tidak mengemudi karena menyangkut faktor stress selama menyetir,” ungkapnya pada Mobil123.

Ia menambahkan bahwa ibu hamil yang mengemudi kemampuannya tidak bisa disamakan dengan pengemudi biasa. Untuk itu, Ia menyarankan untuk beristirahat bila sudah kelelahan atau mengemudi terlalu lama.

“Fisik setiap ibu hamil berbeda. Yang dilihat apabila sudah mulai tidak nyaman atau perut agak tegang sebaiknya istirahat dulu,” ungkapnya.

Sementara itu Sony Susmana Prasetyo, Chief Trainer dari Safety Devensive Consultant Indonesia, mengatakan bahwa tidak ada masalah bila ibu hamil mengemudi saat mudik. Hanya saja, Ia mengingatkan untuk menjaga kecepatan, kondisi fisik dan tetap menggunakan seat belt.

“Selama dia nyaman mengemudi, itu tidak ada masalah. Tapi biasanya ibu hamil lebih mudah mual dan menyebabkan fokus berkendara berkurang. Kondisi tersebut harus lebih diperhatikan dan disiasati dengan istirahat. Tapi bila sudah terbiasa, maka tidak akan masalah,” tambah Sony.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara ibu hamil, tidak ada salahnya untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Dengan demikian, dia tidak perlu berkonsentrasi untuk menyesuaikan kopling. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual