Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Bolehkah Wanita Hamil Mengemudi saat Mudik?

Panduan Pembeli

Bolehkah Wanita Hamil Mengemudi saat Mudik?

JAKARTA – Kemampuan mengemudi perempuan memang sudah tidak dapat dipandang sebelah mata.

Tidak sedikit di antara mereka yang memilih untuk mengemudikan mobil sendiri bahkan keluar kota. Namun bolehkah mengemudi mobil keluar kota saat kondisi hamil? Menurut Dr. Cepi Teguh Pramadya, SpOG, dokter spesialis kandungan di RS Evasari hal tersebut dibolehkan namun ada beberapa catatan penting.

Salah satu di antaranya adalah ibu hamil yang mengemudi hanya menjadi sopir cadangan dan kondisi sang ibu masih dalam kondisi bugar.

“Tapi secara logika jika usia kehamilan sudah besar sebaiknya tidak mengemudi karena menyangkut faktor stress selama menyetir,” ungkapnya pada Mobil123.

Ia menambahkan bahwa ibu hamil yang mengemudi kemampuannya tidak bisa disamakan dengan pengemudi biasa. Untuk itu, Ia menyarankan untuk beristirahat bila sudah kelelahan atau mengemudi terlalu lama.

“Fisik setiap ibu hamil berbeda. Yang dilihat apabila sudah mulai tidak nyaman atau perut agak tegang sebaiknya istirahat dulu,” ungkapnya.

Sementara itu Sony Susmana Prasetyo, Chief Trainer dari Safety Devensive Consultant Indonesia, mengatakan bahwa tidak ada masalah bila ibu hamil mengemudi saat mudik. Hanya saja, Ia mengingatkan untuk menjaga kecepatan, kondisi fisik dan tetap menggunakan seat belt.

“Selama dia nyaman mengemudi, itu tidak ada masalah. Tapi biasanya ibu hamil lebih mudah mual dan menyebabkan fokus berkendara berkurang. Kondisi tersebut harus lebih diperhatikan dan disiasati dengan istirahat. Tapi bila sudah terbiasa, maka tidak akan masalah,” tambah Sony.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara ibu hamil, tidak ada salahnya untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Dengan demikian, dia tidak perlu berkonsentrasi untuk menyesuaikan kopling. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang