Bisnis iCar Asia Dalam Kondisi Positif, Penerimaan Naik 25 Persen

Berita Otomotif

Bisnis iCar Asia Dalam Kondisi Positif, Penerimaan Naik 25 Persen

JAKARTA - iCar Asia, situs jual-beli kendaraan yang beroperasi di Asia Tenggara, mencatatkan pertumbuhan penerimaan uang tunai dari pelanggan serta pendapatan pada kuartal pertama 2019 antara lain berkat performa bagus di Indonesia.

Operasi iCar Asia di Indonesia, melalui Mobil123.com, mengalami kemajuan pesat dalam strategi monetisasi untuk Bisnis Mobil Bekas. Akun berlangganan terus meningkat dari sektor itu dan jumlah akun pada Maret 2019 12 persen lebih banyak dibandingkan Desember 2018.

Pengunjung website meningkat sebesar 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY), sementara leads (prospek transaksi) menurun 8 persen karena dipengaruhi oleh pemilihan umum yang dijadwalkan untuk pertengahan April.

Listing (jumlah mobil yang diiklankan) menurun 13 persen pada Maret 2019 YoY sejalan dengan ekspektasi monetisasi listing dan pembatasan listing gratis. Kondisi bisnis yang bagus juga terdapat di dua negara lain tempat iCar Asia beroperasi yaitu Malaysia maupun Thailand.

“Q1 2019 menunjukkan awal yang kuat untuk iCar Asia akan mencapai titik impas EBITDA. Malaysia dan Thailand sama-sama EBITDA dan cash flow positif di Q1 2019, didukung dengan Indonesia yang hampir mengurangi separuh kerugian EBITDA pada saat yang sama. Dengan biaya perusahaan yang tetap, ini adalah tonggak yang perlu kami capai di jalan menuju titik impas. Kinerja pada Q1 2019 sangat menggembirakan dan menjadikan dasar yang kuat bagi kami untuk melanjutkan momentum hingga akhir tahun ini,” kata Hamish Stone, CEO iCar Asia Limited.

Secara keseluruhan, perseroan mengalami pertumbuhan penerimaan uang tunai dari pelanggan sebanyak AUD 3,8 juta pada kuartal satu atau naik 25 persen ketimbang kuartal keempat 2018. Hal ini terutama didorong oleh pembaruan akun yang kuat di Thailand dan koleksi (pengumpulan revenue) yang lebih tinggi dari bisnis classified di Indonesia yang memperkenalkan langganan berbayar pada September 2018.

Adapun pendapatan yang tidak diaudit menjadi AUD 2,6 juta pada kuartal satu atau naik 30 persen YoY. Perusahaan juga memiliki AUD 7,3 juta dalam bentuk tunai dan setara kas, akses bersyarat ke dana tambahan hingga AUD 16,5 juta (terdiri dari fasilitas utang AUD 5 juta dan hasil opsi saham sebesar AUD 11,5 juta bergantung pada harga saham yang berlaku pada atau sebelum tanggal kedaluwarsa opsi).

Perusahaan saat ini berencana hanya menggunakan kas dan setara kas yang ada untuk menumbuhkan bisnis menjadi EBITDA dan arus kas impas. Tidak ada niat menarik pinjaman. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support