iCar Asia, Induk Perusahaan Mobil123.com Caplok Carmudi Indonesia

Berita Otomotif

iCar Asia, Induk Perusahaan Mobil123.com Caplok Carmudi Indonesia

JAKARTA - iCar Asia, yang merupakan induk perusahaan situs jual-beli kendaraan Mobil123.com, mengakuisisi Carmudi Indonesia dengan mahar 3 juta dollar AS (Rp 42,23 miliar).

iCar Asia, melalui keterangan resmi pada Kamis (19/9/2019), mengumumkan bahwa pihaknya telah menyepakati pembelian Carmudi Indonesia. Akuisisi tersebut menunggu tahap penyelesaian dokumen dan diharap selesai pada atau sekitar 15 Oktober 2019.

Adapun nilai akuisisi mencapai 3 juta dollar AS (Rp 42,23 miliar). Dana berasal dari cadangan tunai dan pembayaran dilakukan dalam dua tahap, pertama adalah 2 juta dollar AS (Rp 28,15 miliar) pada penyelesaian, dilanjutkan dengan 1 juta dollar AS (Rp 14,07 miliar) pada 15 Oktober 2020.

Sekadar menginformasikan, iCar Asia sebelum ini sudah memiliki Mobil123.com, situs jual-beli mobil baru dan mobil bekas Indonesia yang menjadi pemimpin di industrinya. Adapun Carmudi merupakan situs di bisnis yang sama dan menempati posisi nomor dua.

Carmudi Indonesia memiliki bisnis advertising dan bisnis lead generation (menghasilkan calon pembeli potensial) yang melayani perusahaan manufaktur kendaraan terkemuka di Indonesia, dengan websitenya yang memiliki 2 juta pengunjung per bulan. Saat ini iCar Asia, melalui Mobil123.com, memiliki hampir 6 juta pengunjung per bulan dan ada sedikit irisan audiensi yaitu sekitar 20% menurut Similar Web.

Dengan gabungan audiensi dan bisnis mobil baru yang dimiliki iCar Asia saat ini, akuisisi diharapkan akan menciptakan platform advertising yang lebih kuat bagi industri otomotif di Indonesia. Akuisisi ini juga memberi iCar Asia peluang untuk memperluas  penguasaan market pada bisnis mobil bekas dengan terakuisisinya situs otomotif vertical #2 di Indonesia,  Carmudi.co.id

Carmudi saat ini mengoperasikan 5 Pusat Penjualan Mobil offline yang disebut “Carcentro”. Ini adalah platform transaksi untuk dealer mobil bekas dan perusahaan pembiayaan kendaraan terkemuka, yang menghasilkan pendapatan berupa Komisi.

Ke-5 Carcentro beroperasi di Kota Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Kombinasi bisnis di Indonesia ini diharapkan akan mendapatkan lebih dari dua kali revenue iCar Asia di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang meningkat.

Selanjutnya, melalui sinergi ini diharapkan bisnis iCar Asia di Indonesia mencapai titik impas pada tahun 2020. Group masih berada pada jalur untuk mencapai titik break even EBITDA (Earnings Before Interest, Tax, Depreciation & Amortization/Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi & Amortisasi) pada akhir tahun 2019.

“Kami senang Carmudi Indonesia bergabung dengan iCar Asia dan semakin memperkuat posisi kami di pasar Indonesia di segmen Mobil Baru dan Mobil Bekas. Akuisisi ini mengukuhkan visi kami untuk menjadi platform yang digunakan konsumen untuk menyelesaikan semua kebutuhan otomotif mereka,” kata Hamish Stone, Chief Executive Officer iCar Asia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support