Bikin Pameran Mobil di Tengah Pandemi Corona Berakibat Kekacauan

Berita Otomotif

Bikin Pameran Mobil di Tengah Pandemi Corona Berakibat Kekacauan

CALIFORNIA - Pameran mobil kecil-kecilan ini berubah menjadi sumber kekacauan setelah diserbu ribuan pencinta otomotif yang haus hiburan.

Kejadian ini terjadi di California, Amerika Serikat di mana pameran kecil-kecilan ini berlangsung. Awalnya, acara yang diselenggarakan oleh organisasi pemuda Universitas Loma Linda yang didukung pihak gereja Universitas ini hanya akan menampilkan 10 sampai 20 mobil modifikasi dan berlangsung tanpa banyak penonton.

Gelaran ini dilangsungkan akhir pekan lalu dengan memanfaatkan tempat parkir tepat di seberang rumah sakit milik Universitas Loma Linda. Area berupa gedung parkir sendiri tidak begitu luas, namun panitia yakin cukup dengan pengunjung yang diharapkan terbatas.

Namun yang terjadi sebaliknya. Pamflet pameran otomotif kecil-kecilan ini menjadi viral di media sosial. Dan tepat pada hari H, ribuan masa penggemar otomotif mendatangi pameran, kekacauan pun terjadi.

Bikin Pameran Mobil di Tengah Pandemi Corona Berakibat Kekacauan
Yang paling menjadi sorotan tentu masalah pelanggaran sosial distancing, karena terjadi konsentrasi massa besar-besaran dan melanggar banyak aturan di saat pandemi Covid-19. Tak hanya itu, para penonton tampak memadati area parkir tempat pameran berlangsung hingga menghalangi akses keluar masuk rumah sakit Universitas Loma Linda, khususnya jalur darurat ambulance.

Bisa terlihat dari video dari CBS Los Angeles saat acara berlangsung. Tampak ribuan muda mudi berusia 20 tahunan berdesakan cukup rapat, memadati gedung parkir sambil berteriak dan tertawa riang menikmati beberapa pertunjukkan. 

Kepadatan sendiri terjadi hingga ke pinggir-pinggir jalan di luar pagar tempat berlangsungnya acara. Kondisi ini diperparah dengan ada banyak orang yang tidak menggunakan masker.

Warga sekitar tempat berlangsungnya pameran tentu mengajukan keberatan atas kejadian ini. Khususnya terkait dengan keramaian dan potensi penyebaran virus Covid-19 akibat padatnya massa di wilayah sekitar tempat tinggalnya.

Konrad Bolowich, Assistant City Manager Loma Linda menyampaikan hal yang bersifat netral. Ia sejatinya tidak ingin ada keramaian di tengah pandemi namun merasa kasihan dengan para pemuda di kotanya yang tanpa kegiatan selama pandemi Corona menyerang Amerika Serikat.

"Kejadian ini memang tidak bisa diterima, namun masih bisa dimengerti. Karena anak-anak muda ini telah menjalani lockdown selama 6 bulan," kata Konrad Bolowich, Assistant City Manager Loma Linda.

Pihak Universitas Loma Linda sendiri menyatakan penyesalannya atas kejadian ini. Dan sama sekali tidak menyangka pameran otomotif kecil-kecilan ini diserbu pengunjung begitu banyak.

“Kami telah bekerja tanpa lelah dengan mitra kami dalam perawatan kesehatan dan pemerintahan untuk menjaga perawatan dan kebijaksanaan selama pandemi ini. Namun kami gagal mengantisipasi bahwa acara tersebut akan berkembang jauh melampaui apa yang kami rencanakan," kata pihak gereja Universitas Loma Linda.

Sejauh ini, belum ada berita mengenai terjadinya kluster penularan Covid-19 atas kejadian ini. Dan berbagai pihak di wilayah Amerika Serikat sepakat akan lebih ketat lagi agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Di Indonesia sendiri semua pameran otomotif dibatalkan, baik yang skala internasional, nasional maupun lokal daerah. Semua pameran beralih menjadi pameran virtual. Seperti halnya yang Mobil123.com gelar beberapa waktu lalu.

Khusus untuk pameran modifikasi, akhir minggu ini akan digelar pameran modifikasi IMX 2020 secara virtual. Pihak panitia menjanjikan suguhan pertunjukkan menarik meski terpisah jarak plus hadiah-hadiah menggiurkan termasuk 1 unit Suzuki Ignis yang telah dimodifikasi. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar