Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ban Terawat, Tingkat Keselamatan Meningkat

Berita Otomotif

Ban Terawat, Tingkat Keselamatan Meningkat

KARAWANG - PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) kembali menggelar kampanye tahunan Keselamatan Ban (Tire Safety). Ini adalah kampanye ke-8 yang diadakan Bridgestone secara berturut-turut sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2009. 

Program yang digelar dari tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2016 atau selama 5 hari di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat itu tahun ini mengusung tema 'Ban Terawat, Anda Selamat', di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan Anda dari masalah berkendara dan meningkatkan kualitas keamanan itu sendiri. 

Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalulintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya. 

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. 

Sementara di lima tahun pertama penyelenggaraan kampanye, jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dari 1.752 peserta di 2009 menjadi 3.393 di 2013.

Sedangkan di 2014, terdapat penurunan peserta secara signifikan yang ditengarai akibat kebijakan pemerintah yang menghentikan subsidi bahan bakar yang dijual di jalan bebas hambatan.

Di 2015, ketika pemerintah kembali melanjutkan kebijakan subsidi dalam penjualan bahan bakar di jalan tol, jumlah peserta kampanye pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Kampanye ini sebagai bukti komitmen kami dalam menjalin hubungan baik dengan publik dalam jangka panjang. Selain itu, kampanye ini juga untuk mengedukasi dan mengingatkan para pengendara akan pentingnya melakukan perawatan ban yang tidak dapat diabaikan sebab ban menjadi fungsi strategis yang langsung bersentuhan dengan jalanan,” kata Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida.

Tenaga ahli Bridgestone Tire Safety di lokasi kampanye akan memeriksa kondisi ban kendaraan seluruh pengunjung dan membagikan pengetahuan akan perawatan ban untuk mendapatkan performa berkendara yang optimal dan tentunya aman. Para pengendara juga diajarkan cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Selain itu, pengisian tekanan udara pada ban secara tepat dapat mencegah kerusakan ban dan mengurangi resiko keausan. Ban yang kurang angin juga dapat berakibat buruk pada performa kendaraan yang bisa berujung pada kecelakaan dalam berkendara.

“Memeriksa tekanan angin ban secara tepat juga kondisi fisik ban seperti pada tapak ban merupakan cara termudah dan penting yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk selalu aman di jalan,” jelas Shida. 

“Waktu yang dibutuhkan untuk semua hal itu cukup singkat dan hanya butuh alat yang sederhana saja. Para pengendara pun dapat memeriksa ban kendaraan mereka sendiri atau mendatangi gerai Toko Model (TOMO) sebagai Bridgestone Authorized Retail untuk mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Bridgestone.“

Bridgestone juga merekomendasikan para pengendara untuk memeriksakan kondisi tekanan udara ban mereka secara rutin sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Tekanan udara ban sebaiknya diatur sesuai rekomendasi dari pabrik ban tersebut yang biasanya tertera pada sisi luar ban tersebut atau buku panduan ban.

Shida mengungkapkan kegembiraannya terkait tingginya antusiasme peserta kampanye tire safety yang selama ini dilakukan setiap tahunnya. “Kebanyakan para peserta kampanye tire safety datang dengan kesadaran akan pentingnya keamanan dan kenyamanan berkendara.”

Sementara itu, terkait dengan pola pengisian tekanan udara ban yang tepat, Shida menjelaskan bahwa cara lain yang dapat dilakukan oleh peserta agar mendapatkan efesiensi dalam konsumsi bahan bakar adalah dengan memilih dan menggunakan ban yang ramah lingkungan atau eco-friendly seperti ban Bridgestone ECOPIA. 

Ban ECOPIA ini dapat diperoleh di gerai TOMO terdekat. Ban ECOPIA sendiri berkontribusi positif pada pemeliharaan lingkungan dengan menghadirkan tingkat gulir ban  yang rendah (low rolling resistance) di mana dampaknya akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan menurunkan gas buang CO2. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang