Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ban Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan

Berita Otomotif

Ban Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Kecelakaan

JAKARTA - Ada banyak faktor penyebab kecelakaan. Dan ban ternyata menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan terbesar.

Sejalan dengan meningkatnya jumlah populasi kendaraan, risiko berkendara di jalan raya juga semakin tinggi. Berdasarkan data kepolisian Republik Indonesia, dalam kurun waktu 10 tahun dari 2004-2013,  jumlah kecelakaan meningkat dari 17,732 kejadian menjadi 93.578 kejadian. 

Jumlah korban meninggal di tahun 2013 mencapai 23.385 ribu dengan nilai kerugian materi mencapai Rp 233,84 triliun.

Data WHO juga menggambarkan bahwa jalan raya telah menjadi mesin pembunuh nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan Tuberculosis. Bahkan Indonesia merupakan peringkat kelima tertinggi sebagai negara dengan tingkat korban kecelakaan lalu lintas setelah Cina, India, Nigeria dan Brazil.

Selain faktor kelalaian manusia, ban menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Dari sembilan aspek dalam faktor kendaraan yang memicu terjadinya kecelakaan di jalan, aspek ban penyumbang ketiga terbesar. 

Selama semester pertama 2014, aspek ban yang kurang baik menyumbang sekitar 15% terhadap total kecelakaan yang dipicu faktor kendaraan.

Harry Surjadi, Gubernur Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O) mengatakan, risiko berkendara akan semakin tinggi di masa yang akan datang. 

Pasalnya penjualan mobil dan motor yang semakin besar tidak diimbangi oleh peningkatan infrastruktur jalan raya yang memadai. Selain itu, para pengguna kendaraan cenderung abai terhadap aspek keselamatan berkendara.

"Kami melihat bahwasanya program yang diselenggarakan Michelin dan 1Station merupakan program kampanye keselamatan berkendara yang positif. Hal ini mendorong tumbuhnya kesadaran setiap pengendara akan pentingnya melakukan pengecekan rutin terhadap kendaraan yang mereka miliki," ujarnya

Berdasarkan data Gaikindo selama lima tahun terakhir mulai periode 2009-2014, jumlah kendaraan baru yang terjual mencapai 4.48 juta unit. Sementara hingga periode Januari-Agustus 2015, penjualan roda empat mencapai 671.641 unit.

Nora mengatakan, meningkatnya populasi kendaraan harus didukung dengan pemahaman dan kesadaran yang lebih baik tentang keselamatan berkendara.

“Kami prihatin akan meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Michelin memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi untuk terus melakukan kampanye keselamatan berkendara bagi masyarakat di Indonesia. Untuk itu, kami akan secara konsisten menjalankan komitmen kami ini,” terang Nora. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang