Bakal Ada Mobil Hybrid Toyota yang Lebih Murah dari Kijang Innova Zenix!

Berita Otomotif

Bakal Ada Mobil Hybrid Toyota yang Lebih Murah dari Kijang Innova Zenix!

JAKARTA – Toyota memastikan bakal terus menambah mobil hybrid rakitan Indonesia. Di antaranya ada yang lebih murah daripada Toyota Kijang Innova Zenix.

Kijang Innova Zenix menjadi mobil berteknologi elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi di Indonesia. Versi hybrid-nya berharga on the road (OTR) Jakarta mulai Rp458 juta sampai Rp614 juta.

President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menegaskan mobil-mobil berteknologi elektrifikasi yang mereka rakit akan terus bertambah. Bahkan, ia menyebut nantinya ada banyak model yang hadir.

“Ada levelnya Innova. Ada level di atasnya Innova. Ada juga level di bawahnya Innova,” jawab dia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai peluncuran Kijang Innova Zenix pada 21 November 2022 di Jakarta.

Dalam acara End Year Gathering 2021 yang diadakan secara virtual, sudah disebutkan bahwa produksi lokal mobil listrik Toyota di Indonesia akan fokus terlebih dahulu pada teknologi hybrid. Meski begitu, Toyota tetap bakal menjual dan memasarkan beragam model elektrifikasi melalui strategi Multi Pathway.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Sayangnya, Warih tidak bersedia mengungkap model mobil hybrid rakitan lokal yang nantinya lebih murah daripada Kijang Innova Zenix. Dia juga tidak merespons ketika Mobil123.com menyinggung kemungkinan hadirnya All New Toyota Veloz hybrid.

Sekadar mengingatkan, Veloz generasi terbaru yang meluncur pada November tahun lalu sudah menjadi model yang berbeda daripada All New Toyota Avanza. Padahal, pada generasi-generasi terdahulu, Veloz hanya menjadi varian termewahnya.

Produksi kedua model itu pun telah dipisahkan. All New Avanza masih diproduksi di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), bersama-sama dengan All New Daihatsu Xenia.

All New Toyota Veloz

Adapun All New Veloz diproduksi di pabrik TMMIN. Warih, dalam acara peluncuran duo multi purpose vehicle (MPV) tersebut yang berlangsung secara virtual, sempat menyinggung pemisahan produksi ini merupakan bagian dari persiapan strategi elektrifikasi Toyota.

Strategi Multi Pathway sendiri membuat jenama asal Jepang itu sekarang menjual 15 model mobil listrik lewat merek Toyota maupun Lexus. Ada yang berteknologi hybrid, plug-in hybrid (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV/mobil listrik murni). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar