Bagaimana Cara Kerja Cruise Control?

Berita Otomotif

Bagaimana Cara Kerja Cruise Control?

JAKARTA - Dari banyaknya fitur terkini yang di mobil, Cruise Control adalah salah satu fitur yang paling banyak ditemui di mobil-mobil terkini. Tapi ternyata, banyak orang belum tahu cara kerja cruise control.

Alasan lahirnya cruise control, menurut situs resmi Toyota, sebenarnya sederhana yakni untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Terlebih, ketika berkendara di jalan raya selama berjam-jam, ada kemungkinan kaki pengemudi terasa pegal hingga kaku karena harus menekan pedal gas terus-menerus. 

Nah, untuk mencegah hal semacam ini terjadi terlalu sering, beberapa produsen kendaraan pun mulai mengenalkan teknologi yang dikenal sebagai ‘cruise control’ pada beberapa mobil modern mereka. 

Teknologi ini juga sering disebut sebagai ‘speed control’, ‘autocruise’ dan lain sebagainya. 

Lalu, apa sebenarnya cruise control ini? Cruise control bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi yang mampu memberikan pengemudi kebebasan dalam mengendarai mobil pada kecepatan stabil. 

Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu menekan pedal gas secara terus-menerus. Jika pengemudi kendaraan tersebut ingin mengemudikan mobil dengan kecepatan konstan, maka pengemudi harus melarikan mobil pada kecepatan yang diinginkan dan kemudian mengaktifkan fungsi cruise control mobil.

Sistem ini sendiri bisa dioperasikan melalui tombol dan jika sudah diaktifkan maka pengemudi sudah tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas dengan kakinya. Namun, perlu diketahui jika fitur ini tidak bisa aktif saat mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 km/jam. 

Lalu, kapan kira-kira fitur ini tidak boleh digunakan? Ternyata, fitur cruise control tidak bisa digunakan pada jalan dengan banyak tikungan, tanjakan dan turunan.

Hal ini karena medan jalan tersebut membutuhkan banyak pengereman yang akan menonaktifkan sistem cruise control. Artinya, fitur cruise control ini kurang cocok jika digunakan di dalam perkotaan yang padat akan kendaraan dan sering terkena macet karena di kebanyakan brand, cruise control otomatis off saat pedal rem ditekan.

Bahkan di negara dengan empat musim, fitur ini tidak boleh digunakan karena mobil bisa berisiko slip dan kehilangan traksi. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil dengan teknologi ini, harus mengetahui dengan tepat kapan dan di mana bisa menggunakannya. Karena jika tidak maka bisa menimbulkan bahaya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support