Asyik, Bayar Taksi Blue Bird Bisa Pakai GoPay

Berita Otomotif

Asyik, Bayar Taksi Blue Bird Bisa Pakai GoPay

JAKARTA – Para penumpang taksi Blue Bird kini bisa memanfaatkan GoPay sebagai alat pembayaran.

Lebih dari 11 ribu armada taksi Blue Bird di seluruh Indonesia, menurut keterangan resmi mereka baru-baru ini, sudah dipersenjatai perangkat pembayaran dengan GoPay. Transaksinya sendiri menggunakan QR Code, tepatnya Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia.

Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay, mengatakan penggunaan uang elektronik dari startup Gojek tersebut di taksi Blue Bird juga semakin mendukung anjuran pembayaran non-tunai di era adaptasi kebiasaan baru pandemi virus Corona (Covid-19). Apalagi, masyarakat semakin sadar akan pentingnya meningkatkan kebersihan dan keamanan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika bertransaksi.

“Pembayaran digital lewat QRIS ini mampu menjadi pilihan utama untuk memudahkan masyarakat beraktivitas tanpa khawatir tentang resiko penyebaran Covid-19 karena transaksi QRIS dilakukan tanpa adanya sentuhan fisik. Ini juga sejalan dengan inisiatif J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) Gojek yang mendorong pengguna aplikasi mengutamakan pembayaran digital lewat GoPay,” ucap Budi.

Kerja sama Gopay – Blue Bird terjadi setelah Gojek membeli saham operator taksi terbesar di Tanah Air ini pada awal 2020. Startup unicorn (bernilai lebih dari 1 triliun dollar AS) ini memborong 4,3 persen saham Blue Bird dengan nilai Rp 3.800 per lembarnya.

Total uang yang digelontorkan menjadi sekitar 30 juta dollar AS. Ketika itu, kedua pihak sudah membeberkan rencana berkolaborasi mengembangkan teknologi pembayaran dengan memanfaatkan GoPay.

Lebih lanjut, Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Blue Bird menjelaskan penumpang taksi mereka tinggal memindai QR Code yang terdapat di dalam taksi dengan menggunakan layanan GoPay dalam aplikasi Gojek. Tanda bukti pembayaran langsung masuk ke aplikasi Gojek sehingga pengguna tak perlu lagi meminta struk ke pengemudi.

Ada dua keuntungan yang didapat para penumpang Blue Bird. Pertama adalah proses pembayaran cepat plus efisien karena tidak perlu repot menyiapkan uang fisik dan menunggu kembaliannya. Selain itu, mereka juga tetap bisa mengutamakan kebersihan dan keamanan karena tidak ada kontak langsung.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat di dunia. Penerapan protokol kebersihan dan kesehatan di seluruh aspek kehidupan termasuk mobilitas semakin meningkat. Di era adaptasi kebiasaan baru ini, kami terus berinovasi untuk mendukung masyarakat menjalankan aktivitasnya dengan mengedepankan kebersihan dan kesehatan di seluruh armada kami," ujar Adrianto. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar