Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Astra Siap Tambah Jumlah Kampung Berseri Astra

Berita Otomotif

Astra Siap Tambah Jumlah Kampung Berseri Astra

JAKARTA – Sebagai sebuah perusahaan international, Astra memiliki program sendiri untuk menjalankan Corporate Social Responsibilty (CSR) mereka. seluruh program tersebut tertuang dalam empat pilar yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Salah satu program yang digelar untuk menjalankan keempat pilar tersebut adalah dengan membangun Kampung Berseri Astra (KBA). Saat ini, Astra telah memiliki 49 KBA yang tersebar di 17 provinsi di Indonesia dan diharapkan pada akhir 2018 dapat bertambah menjadi 34 provinsi.

Program pembinaan dan pemberdayaan yang diterapkan melalui KBA ini diharapkan dapat berdampak positif kepada masyarakat. Dengan demikian, secara kolektif masyarakat dapat mengambil tindakan inisiatif perubahan untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan peningkatan standar kesejahteraan.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif. Dalam penerapan KBA, terdapat tingkatan pencapaian status yang berhasil diterapkan dalam suatu wilayah. Tingkatan pencapaian status tersebut akan dievaluasi setiap tahun dan pencapaian terbaik akan diberikan apresiasi.

Gelar Sayembara
Agar dapat menjangkau wilayah lebih luas, Astra melaksanakan beberapa strategi, salah satunya sayembara dalam pemilihan calon KBA, yang meliputi provinsi Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Lampung, Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat.

Pada tahap bintang 5 – kencana, masyarakat diharapkan sudah mandiri dalam meningkatkan kualitas kehidupan dengan melaksanakan kegiatan pengembangan di bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan Kesehatan.

Kampung diharapkan sudah menjadi ikon kota/pusat edukasi & wisata terkait dengan keberhasilannya dan prestasi dari berbagai pilar-pilar yang telah dibina tersebut. Sinergi pemerintah dan Astra dalam hal ini harus tetap dan terus menjaga komunikasi kepada masyarakat sehingga dampak dari keberhasilan yang telah dicapai dapat meluas.

Berikut persyaratan KBA:

· Memiliki potensi lokal dan menjadi salah satu target kampung yang akan dikembangkan oleh Pemerintah setempat dalam bidang Pendidikan/ Kewirausahaan/ Lingkungan / Kesehatan.

· Memiliki keunggulan dan keunikan di wilayahnya sebagai kampung Hijau/Wisata /Budaya/Produktif/ Cyber

· Memiliki tokoh penggerak di wilayah kampung tersebut yang dapat mendukung pelaksanaan program di masyarakat.

· Tidak ada permasalahan administrasi dan hukum mengenai tanah maupun bangunan di wilayah tersebut

· Wilayah tersebut tidak dalam rencana jangka panjang pemerintah pembangunan / pengalihan lahan / penggusuran

· Bersedia menjalankan program Kampung Berseri Astra secara keberlanjutan.

· Kampung yang diusulkan bukan merupakan binaan perusahaan lainnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang