Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Apakah Fitur Voice Command Lebih Aman untuk Pengendara?

Panduan Pembeli

Apakah Fitur Voice Command Lebih Aman untuk Pengendara?

WASHINGTON - Selama ini voice command (fitur pengendali suara) dianggap sebagai fitur untuk menghindari kecelakaan di jalan raya saat mengemudikan mobil. Dengan adanya voice command, bisa meningkatkan konsentrasi pengemudi.

Namun menurut AAA Foundation for Traffic Safety -perusahaan non-profit-, dalam studi yang dilakukan beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa voice command tetap memecah konsentrasi pengemudi.

Fitur ini akan mengganggu setidaknya 27 detik saat pengemudi hendak menggunakan fitur perintah suara, seperti memutar radio, cd dan lain-lain.

Bahaya semakin bertambah saat sistem yang ada di mobil harus terkoneksi dengan ponsel pengemudi. Sebab pengemudi harus berusaha menyambungkan voice command dengan ponsel, sementara mobil terus melaju.

Selama ini para peneliti mempelajari sistem voice command pada 10 mobil model baru dan melibatkan 258 pengemudi, serta tiga smartphone ukuran kecil dari 65 pengendara. Hasilnya dalam kasus ini, fitur voice command menunjukkan berpotensi meningkatkan gangguan mental pengendara selama beberapa detik.

Seperti banyak diberitakan, pikiran dan pandangan mata pengemudi harus fokus ke jalan raya, daripada harus mengalihkan perhatian ke hal-hal lain yang umumnya sangat berbahaya.

Jadi lebih baik pengemudi mengurangi kerepotan tadi untuk mencegah resiko kecelakaan di jalan raya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang