Apakah Fitur Voice Command Lebih Aman untuk Pengendara?

Panduan Pembeli

Apakah Fitur Voice Command Lebih Aman untuk Pengendara?

WASHINGTON - Selama ini voice command (fitur pengendali suara) dianggap sebagai fitur untuk menghindari kecelakaan di jalan raya saat mengemudikan mobil. Dengan adanya voice command, bisa meningkatkan konsentrasi pengemudi.

Namun menurut AAA Foundation for Traffic Safety -perusahaan non-profit-, dalam studi yang dilakukan beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa voice command tetap memecah konsentrasi pengemudi.

Fitur ini akan mengganggu setidaknya 27 detik saat pengemudi hendak menggunakan fitur perintah suara, seperti memutar radio, cd dan lain-lain.

Bahaya semakin bertambah saat sistem yang ada di mobil harus terkoneksi dengan ponsel pengemudi. Sebab pengemudi harus berusaha menyambungkan voice command dengan ponsel, sementara mobil terus melaju.

Selama ini para peneliti mempelajari sistem voice command pada 10 mobil model baru dan melibatkan 258 pengemudi, serta tiga smartphone ukuran kecil dari 65 pengendara. Hasilnya dalam kasus ini, fitur voice command menunjukkan berpotensi meningkatkan gangguan mental pengendara selama beberapa detik.

Seperti banyak diberitakan, pikiran dan pandangan mata pengemudi harus fokus ke jalan raya, daripada harus mengalihkan perhatian ke hal-hal lain yang umumnya sangat berbahaya.

Jadi lebih baik pengemudi mengurangi kerepotan tadi untuk mencegah resiko kecelakaan di jalan raya. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support