All New Toyota Veloz Diekspor dari Indonesia ke Belasan Negara pada 2022

Berita Otomotif

All New Toyota Veloz Diekspor dari Indonesia ke Belasan Negara pada 2022

JAKARTA – Mulai tahun depan, All New Toyota Veloz menjadi komoditas ekspor mobil terbaru dari Indonesia.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam menjelaskan produksi All New Veloz awalnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik terlebih dahulu. Akan tetapi, tak terlampau lama dari sekarang, produksi dan pengiriman untuk pasar luar negeri bakal mereka lakukan.

All New Veloz sendiri meluncur secara virtual di pasar Indonesia pada 10 November 2021, bersamaan dengan All New Avanza.

Pertama kali hadir pada 2011 sebagai opsi termewah Avanza, mulai November kemarin Veloz hadir sebagai sebuah merek tersendiri dan mulai pula dirakit oleh TMMIN--'bercerai' dari Avanza terbaru yang masih diproduksi Daihatsu.

“Mudah-mudahan awal tahun depan kami sudah bisa ekspor (All New Veloz),” kata Bob dalam konferensi pers pascapeluncuran All New Avanza dan All New Veloz, via Zoom.

Adapun tujuan ekspor model tersebut pada 2022, lanjut dia, mencapai 16 negara. Sayang, nama-nama negara di dalam daftar masih ia tutup rapat-rapat.

Akan tetapi, Bob bersedia membeberkan proyeksi volume ekspor All New Veloz pada tahun perdananya.

“Kira-kira ekspornya 4.000 sampai 4.500 unit per bulan. Harapan kami, Veloz ini dapat memperkuat ekspor kami ke depan dan memperkuat penerimaan devisa serta pemasukan ke negara karena kami juga membayar pajak,” pungkas dia.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz

Di pasar Indonesia, All New Veloz dijual seharga Rp251,2 juta sampai Rp291,5 juta on the road (OTR) Jakarta.

Ini merupakan banderol setelah mendapatkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen yang pemerintah berikan sejak Maret-Desember 2021 untuk mendorong industri otomotif nasional di tengah hantaman pandemi Covid-19.

All New Toyota Veloz

Ada tiga tipe yang Toyota pasarkan, semuanya bermesin bensin 1.5-liter. Ada 1.5 MT, 1.5 Q CVT, dan 1.5 Q CVT TSS.

Sebagai perbandingan, harga OTR All New Avanza bermesin bensin 1.3-liter maupun 1.5-liter dimulai dari Rp206,2 juta hingga Rp264,4 juta selama masa insentif PPnBM 100 persen. Namun, tipe-tipe teratas dari dua model ini sama-sama mendapatkan teknologi bantuan pengemudian aktif Toyota Safety Sense (TSS) nan canggih. [Xan/Ses]

Informasi lengkap mengenai harga mobil Toyota klik di sini.



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar