All-new Suzuki Ertiga Mulai Diekspor ke Amerika Latin

Berita Otomotif

All-new Suzuki Ertiga Mulai Diekspor ke Amerika Latin

JAKARTA – Suzuki akhirnya memulai ekspor All-New Suzuki Ertiga rakitan Indonesia ke 22 negara mulai September ini, sesuai dengan rencana yang sudah mereka umumkan sebelumnya. Amerika Latin dan Karibia menjadi pasar ekspor utama bagi model ini.

Sebagai informasi, Ertiga generasi anyar menjalani debut globalnya di Tanah Air di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, April kemarin. Sama seperti generasi terdahulu, pesaing model-model seperti Toyota Avanza, Daihatsu Ertiga, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero ini sudah dirakit secara lokal di pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi yang punya kapasitas produksi total 120 ribu unit per tahun bagi seluruh model.

Suzuki, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, mengumumkan dimulainya ekspor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) All-New Ertiga pada bulan ini. Dari 22 negara tujuan ekspor Ertiga generasi kedua, 15 di antaranya tersebar di region Amerika Latin serta Karibia.

Adapun negara tujuan ekspor Suzuki untuk semua model pada 2018 adalah 51 negara di Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Karibia, Oseania. Meksiko disebut-sebut sebagai salah satu pasar ekspor utama pabrikan berlogo ‘S’ ini.

“PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) membidik Meksiko sebagai salah satu negara tujuan ekspor utama All New Ertiga di pasar Amerika Latin karena Meksiko merupakan negara di benua Amerika yang memiliki pangsa pasar yang besar dan potensial,” papar Hady Surjono Halim, Department Head of Export SIM.

Meksiko termasuk ke dalam tujuan pengiriman gelombang pertama All-New Ertiga. Meski tak penetrasinya tak seagresif ke Amerika Latin, All-New Ertiga juga diekspor ke wilayah lainnya seperti Oseania.

Selain itu, All New Ertiga juga diekspor ke negara-negara Asia. Secara total, multi purpose vehicle (MPV) ini mempunyai target ekspor sebanyak 12 ribu unit sejak ekspor dimulai September ini hingga Maret 2019 mendatang. Tidak disebutkan berapa kontribusi ekspor ke Amerika Latin dari volume tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar