All-new Suzuki Ertiga dengan Generasi Sebelumnya Punya Selisih Harga Rp 15 Jutaan

Berita Otomotif

All-new Suzuki Ertiga dengan Generasi Sebelumnya Punya Selisih Harga Rp 15 Jutaan

JAKARTA – All-new Suzuki Ertiga menjadi salah satu daya tarik di gelaran IIMS 2018. Berikut perbedaannya antara generasi terbaru dengan pendahulunnya berikut dengan selisih harganya.

Generasi kedua dari Ertiga tersebut tampil lebih modern dari sebelumnya. Beberapa sentuhan baik dari eksterior maupun interior membuatnya lebih menarik. Fitur baru yang diterapkan, diyakini menambah kenyamanan dalam berkendara.

Jika pada edisi sebelumnya hadir menggunakan lampu utama model reflektor, all-new Suzuki Ertiga telah disematkan teknologi projector. Sayangnya kedua buah lampu masih menggunakan bohlam biasa, bukanlah LED atau HID seperti kompetitor.

Artikel bersambung dibawah

Dikatakan bahwa all-new Suzuki Ertiga memiliki dimensi yang lebih besar dari generasi pertama. Total panjang mobil jenis LMPV tersebut mencapai 4.395 mm dari sebelumnya 4.265 mm. Hal ini memberikan ruang tambahan bagi kabi khususnya bagian belakang.

Lebar keseluruhan dari all-new Suzuki Ertiga mencapai 1.735 mm. Lebar Low MPV pabrikan mobil asal Jepang ini bertambah 40 mm, penambahan memberikan ruang lebih jika konsumen memboyong keluarga.

Tinggi all-new Suzuki Ertiga disebutkan bertambah 5 mm. Namun penambahan ini bisa dibilang tidak terlalu terasa bagi penumpang. Karena ketinggian yang bertambah hanya berdampak pada kabin bagian depan.

Perubahan selanjutnya pada all-new Suzuki Ertiga terdapat pada bagian mesin. Sumber tenaga dari kendaraan tersebut memiliki kapasitas lebih besar dari sebelumnya. Jika pada generasi terdahulung menggunakan K14B, kini jantung mekanis kendaraan menggunakan kode K15B.

Mesin all-new Suzuki Ertiga diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 103 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi maksimal MPV tujuh penumpang ini mencapai 138 Nm pada 4.400 Nm, dengan kompresi mesin 10,5 : 1.

Mesin yang lebih kencang dari all-new Suzuki Ertiga, tentunya memberikan tenaga yang lebih saat kendaraan dipenuhi penumpang. Lainnya, ground clearance tinggi New Ertiga memiliki ground clearance-nya hanya 180 mm.

Masuk ke dalam kabin, all-new Suzuki Ertiga tidak bisa dibilang mengalami perubahan total. Hal ini karena seluruh jok masih menggunakan bahan fabric. Penambahannya hanya tampak pada penambahan USB soket di bagian depan, dua mug holder di bagian bawah dashboard yang dilengkapi semburan AC, serta fitur ISOFIX.

Perbedaan lain dari generasi sebelumnya terdapat pada penambahan aksen kayu pada dasboard, juga desain kisi ac yang terlihat seolah terpisah dengan dashboard bagian atas.

Satu lagi yang menjadi daya tarik dari all-new Suzuki Ertiga, dikatakan harganya tidak mencapai Rp 240 juta. Atau akan lebih mahal sekitar Rp 15 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual