Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Alasan Daihatsu Terus Menguat di Indonesia: Fokus ke Pembeli Mobil Pertama

Berita Otomotif

Alasan Daihatsu Terus Menguat di Indonesia: Fokus ke Pembeli Mobil Pertama

YOGYAKARTA - Fokus penuh Daihatsu ke pembeli mobil pertama di Indonesia membuahkan hasil positif pada penguasaan pasar mereka.

Tren pangsa pasar Daihatsu meningkat beberapa tahun belakangan dari 17,3 persen (2020), 17,5 persen (2021), 18,6 persen (2022).

Daihatsu juga terus membukukan pangsa pasar di atas 20 persen pada year to date 2023. Terakhir, pada Januari-April kemarin, jenama mobil asal Jepang tersebut mengklaim pencapaian pangsa pasar 21,1 persen dan masih menjadi merek mobil terlaris di Indonesia.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan tren tersebut antara lain berkat pertumbuhan pasar Indonesia plus besarnya porsi pembeli mobil pertama.

Daihatsu Sigra 2023

“Pertama, pasar otomotif Indonesia sendiri juga meningkat. Meningkatnya cukup besar,” kata dia menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive All New Daihatsu Ayla, Kamis (11/5/2023) di Yogyakarta.

“Kalau melihat komposisi pasar otomotif Indonesia, kan, hampir 60 persennya segmennya pembeli mobil pertama. Low cost green car (LCGC, segmen mobil termurah di Tanah Air—Red) saja 20 persen dari pasar. Jadi, memang segmennya seperti itulah yang berkembang dan kami, kan, mainnya di segmen itu,” lanjut dia.

Pangsa pasar 21,1 persen Daihatsu pada empat bulan pertama 2023 digapai berkat hasil penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) 71.600-an unit. Volume itu tumbuh 14,8 persen dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy).

Pasar mobil nasional pada periode yang sama berjumlah 339.700-an unit.

Daihatsu Ayla 2023

Jika bicara LCGC, Daihatsu kini punya dua model. Ada Daihatsu Sigra maupun Daihatsu Ayla.

Sigra menjadi kontributor penjualan Daihatsu terbesar pada Januari-April tahun ini dengan komposisi 30,4 persen. Sementara itu, Ayla ada di posisi kelima dengan komposisi 11,7 persen.

Mobil-mobil Daihatsu lainnya juga menyasar pembeli mobil pertama dengan harga murah. Bahkan, mobil termahal mereka saat ini yakni Daihatsu Terios berbanderol on the road (OTR) Jakarta tak sampai Rp300 juta.

“Kami dari AI-DSO bersyukur dapat suplai yang cukup sekali dari ADM (PT. Astra Daihatsu Motor, produsen mobil Daihatsu) sehingga kami bisa penuhi permintaan pasar tersebut dengan baik. Artinya, kami bisa manfaatkan pertumbuhan pasarnya. Kalau dibandingkan teman-teman dari merek lain mungkin ceritanya tidak seperti ini,” tutup Hendrayadi. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang