Ada Udang Dibalik Batu dalam Rencana Akuisi Jeep Oleh Great Wall

Berita Otomotif

Ada Udang Dibalik Batu dalam Rencana Akuisi Jeep Oleh Great Wall

BOADING - Great Wall Motor berencana untuk mengakuisisi Jeep dari Fiat Chrysler Automobile (FCA), ternyata ada misi besar yang diemban pabrikan asal China ini.

Kabar rencananya dibelinya Jeep oleh Great Wall Motors ramai mengisi ruang pemberitaan otomotif dunia. Dan kabarnya hanya tinggal menunggu keputusan induk semang Jeep yakni Fiat Chrysler Automobile (FCA). 

Namun sampai dengan berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari CEO FCA Sergio Marchionne. Semua car enthusiast di seluruh dunia menunggu keputusan besar ini. 

Dan seperti kita ketahui, bukan barang baru jika pabrikan otomotif China melakukan akuisisi kepada pabrikan otomotif dunia. Contoh, Geely sudah melakukannya dengan menjadi pemilik Proton, Volvo dan Lotus.

Great Wall Motors sendiri tertarik membeli Jeep menyusul ambisi mereka untuk menjadi pabrikan SUV terbesar di dunia. Seperti yang diberitakan Automotive News, perwakilan Great Wall Motors sudah membuka komunikasi soal rencana ini dengan FCA.

"Jeep sudah kami pelajari sejak beberapa waktu lalu dan kemudian ternyata menarik untuk mendukung masa depan Great Wall sebagai merek SUV global. Dan dengan akuisisi ini diharapkan akan membuat cita-cita kami akan terwujud dalam waktu lebih cepat," jelas wakil dari Great Wall. 

Anda mungkin masih asing mendengar nama pabrikan mobil Great Wall Motors. Bermarkas di Baoding, Hebei, China ini telah eksis dalam kegiatan manufacture mobil sejak tahun 1984 dan fokus pada produksi model SUV serta pick-up. 

Tahun lalu, Great Wall Motors berhasil mencetak rekor penjualan terbesar 1.075.471 unit di seluruh dunia. Naik drastis 26 persen dibanding tahun sebelumnya 2015.

Dan 25 Mei 2017, perusahaan tersebut secara resmi meluncurkan kendaraan energi listrik pertamanya yang pertama, Great Wall C30EV.

Great Wall Motors sendiri optimis memiliki dana yang cukup untuk mengakuisisi Jeep. Dan ternyata telah melakukan beragam pendekatan dengan Jeep termasuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan di Detroit. 

Untuk diketahui, sebelum Great Wall pada awal 2017 FCA sudah pernah ditawar akan diakusisi oleh perusahaan China. Adalah Guangzhou Automobile Group (GAC) yang berminat untuk membeli FCA Group secara keseluruhan namun kemudian ditolak.

Dan yang juga perlu diketahui adalah sumber dari rencana ekspansi pabrikan dunia ini adalah Pemerintah China. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam satu dekade ke depan, perusahaan China akan menyiapkan dana $ 1.5 triliun untuk merealisasikan rencana ini. 

Jika Great Wall Motors berhasil mengakuisisi Jeep tentunya menjadi tonggak awal dalam rangka ekspansi perusahan otomotif China masuk ke pasar Amerika Serikat. Selama ini pabrikan mobil China dikabarkan putus asa untuk dapat masuk ke Amerika Utara yang memiliki pasar besar dan menguntungkan. 

Akankah misi ini berhasil? Tunggu berita selanjutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual