Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada Tambahan 70 Ribu Motor Listrik di Jalan dalam 5 Tahun Terakhir

Berita Otomotif

Ada Tambahan 70 Ribu Motor Listrik di Jalan dalam 5 Tahun Terakhir

JAKARTA – Tren motor listrik disebut terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Dalam kurun waktu tersebut, ada puluhan ribu motor listrik yang beredar di Tanah Air.

Sejak 2018 hingga September 2023, terjadi penambahan sekitar 70 ribu unit motor listrik di jalan.

“Kepemilikan motor listrik dari 2018 sampai sekarang cukup tinggi. Hampir mencapai 70 ribu unit sekarang sudah berada di masyarakat. Belum lagi sepeda listrik,” kata Ketua Umum Asosiasi Industri Motor Listrik (Aismoli) Budi Setiadi dalam Sosialisasi dan Konferensi Pers Inabuyer EV Expo di Jakarta beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Pertumbuhan motor listrik tersebut, tandas dia, terjadi berkat percepatan pasar maupun industri kendaraan listrik yang dilakukan oleh pemerintah melalui beragam kebijakan. Ada Peraturan Presiden, Instruksi Presiden, plus regulasi-regulasi yang dibuat sejumlah kementerian seperti Kementerian Perindustrian serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

motor listrik Savart S1

Perkembangan industri motor listrik, menurut Budi, dapat dilihat dari penambahan jumlah pabrikan dan agen pemegang merek (APM).

Aismoli mencatat adanya 52 pabrikan motor listrik yang sekarang mengajukan Sertifikat Uji Tipe (SUT), berbanding sembilan APM pada 2018.

“Tapi, data yang ada di Kementerian Perindustrian yang sudah mengajukan NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan) sekitar 48 pabrikan. Jadi, secara kuantitas, trennya meningkat terus sampai dengan 2023,” ujarnya.

motor listrik Polytron Fox-R

Budi punya keyakinan yang besar pada potensi pasar serta industri motor listrik Indonesia. Ia percaya negara ini bisa menjadi pusat industri dan pasar motor listrik di Asia, berkat pesatnya pertumbuhan industri kendaraan listrik.

Apalagi, sekarang sudah ada empat perusahaan yang sedang membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Jakarta dan Semarang.

“Indonesia, kalau sebagai pusat industri dan juga sebagai pasar untuk kendaraan listrik, jangankan mungkin di ASEAN. Di Asia saja saya kira siap untuk itu semua. Saya berani mengatakan demikian karena industrinya sekarang berkembang cukup pesat. Belum lagi dalam waktu dekat, sekarang ini, kami mendengar ada empat korporasi yang sedang membangun untuk baterai kendaraan listrik,” papar dia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang