Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada Pemesan Kia Seltos Diesel Inden Setengah Tahun! Ini Penyebabnya

Berita Otomotif

Ada Pemesan Kia Seltos Diesel Inden Setengah Tahun! Ini Penyebabnya

TANGERANG – Suplai Kia Seltos diesel ke Indonesia diakui sedang tersendat. Indennya pun akhirnya amat panjang.

Marketing and Development Division Head PT. Kreta Indo Artha Ario Soerjo mengungkapkan pihaknya sedang mengalami masalah distribusi untuk model bermesin diesel. Satu yang ia sebut adalah Seltos diesel.

“Ada masalah cip dan saya tak tahu karena masalah apa lagi dari prinsipalnya. Kayaknya dengan mesin diesel itu mereka ada problem,” ucap Ario menjawab pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang.

“Pokoknya, mereka meminta kami hold dulu (menahan pemesanan—Red) untuk mesin diesel. Belum ada kejelasan,” lanjutnya lagi.

Sekadar mengingatkan, Seltos merupakan model impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari India. Peluncurannya dimulai dari varian bermesin bensin pada Januari 2020, dilanjutkan dengan varian bermesin diesel pada November 2021.

Masalah yang sedang dihadapi agen pemegang merek (APM) ini membuat para pemesan Seltos diesel menunggu lama. Ario membeberkan ada yang bahkan sudah setengah tahun menanti.

“Yang saya tahu itu ada konsumen dari sejak JAW (Jakarta Auto Week) yang belum bisa kami suplai. Berarti sudah sekitar enam bulan,” pungkas dia menyinggung pameran mobil yang digelar pada 12-20 Maret 2022 silam.

Ario sama sekali belum bisa memperkirakan masa depan Seltos diesel di Indonesia. Soalnya, masalah itu berpengaruh pula pada batalnya penjualan Kia Carens 1.5-diesel.

Carens, multi purpose vehicle (MPV) sekelas Toyota Kijang Innova, akhirnya meluncur secara resmi dalam GIIAS 2022 dengan dua tipe mesin bensin yaitu 1.5-liter maupun 1.4-liter turbo.

Padahal, di JAW 2022, yang Kia perkenalkan kepada konsumen ialah Carens tipe 1.4-liter turbo plus 1.5-liter diesel.

“Saya masih belum bisa jawab (inden Seltos diesel bakal berapa lama). Malah, saya sangat, sangat khawatir yang diesel ini belum tentu bisa kami lanjutkan,” aku Ario perihal Seltos diesel.

Kia sekarang mencoba peruntungan di pasar Indonesia berbekal tujuh model. Di samping Seltos, terdapat Sonet, Carens, Sorento, Sportage, Grand Carnival, Big Up.

Hanya dua model di antaranya yang mengusung mesin diesel. Menemani Seltos, masih ada Grand Carnival. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang