Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ada KTT G20, Bali juga akan Terapkan Ganjil-Genap kayak Jakarta

Berita Otomotif

Ada KTT G20, Bali juga akan Terapkan Ganjil-Genap kayak Jakarta

JAKARTA – Otoritas Bali selama satu minggu bakal memberlakukan ganjil-genap di berbagai titik, demi memperlancar pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 pada pertengahan November ini.

Ganjil-genap di ‘Pulau Dewata’, seperti dilaporkan situs NTMC Polri baru-baru ini, rencananya diterapkan selama tujuh hari. Adapun tanggalnya adalah 11-17 November 2022.

KTT G20 2022 sendiri berlangsung sebentar lagi, pada 15-16 November mendatang. Ini merupakan puncak Presidensi Indonesia untuk G20 sepanjang tahun bershio macan air tersebut.

ganjil-genap

Menurut keterangan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Bali Kombes Satake Bayu Setianto, ganjil-genap digelar untuk mempermudah mobilitas kendaraan kepala negara maupun delegasi KTT G20.

Kebijakan sesuai arahan Surat Edaran Kementerian Perhubungan itu diharapkan jumlah kendaraan di berbagai ruas jalan yang menjadi rute hilir-mudik akan menjadi berkurang.

Ganjil-genap Bali berlaku selama 16 jam, sejak pkl.06.00-22.00 WITA. Sebelum masa penerapan, kepolisian bakal menjalani uji coba terlebih dahulu selama dua hari, tepatnya pada 9-10 November mendatang.

Saat masih uji coba, para pelanggar tidak bakal diberikan sanksi, melainkan hanya informasi serta edukasi.

Daerah Ganjil-Genap Bali

ganjil-genap

Ganjil-genap Bali kelak berlangsung di 10 titik ruas jalan Kabupaten Badung maupun Denpasar. Berikut pemaparan lokasinya:

  • Simpang Pesanggaran
  • Simpang Sanur
  • Simpang Kuta-Pesanggaran
  • Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai
  • Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua
  • Simpang Benoa
  • Simpang Bandara Ngurah Rai-Jimbaran
  • Jalan Tol Bali Mandara
  • Jalan Uluwatu
  • Jalan Raya Kampus Udayana

Sebelum adanya kebijakan di atas, ganjil-genap hanya dikenal di Ibu Kota Jakarta. Aturan ini membatasi peredaran kendaraan, khususnya mobil pribadi, di berbagai ruas jalan utama dengan dasar nomor pelat serta tanggal.

Mobil pribadi dengan nomor pelat ganjil hanya bisa melewati ruas jalan tertentu pada hari bertanggal ganjil. Demikian pula dengan mobil pribadi dengan nomor pelat genap yang hanya diperbolehkan melewati area tertentu ketika tanggal genap.

Dengan pemberlakukan ganjil-genap Bali, Mobilovers yang berencana berlibur atau bepergian ke sana mungkin bisa melakukannya setelah November. Soalnya, jika melakukannya sekarang, Anda mau tidak mau harus berkompromi dengan kebijakan pemerintah dalam rangka KTT G20 2022. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang