90 Tahun Jadi Merek Mobil Terlaris di Amerika, GM Kini Disalip Toyota

Berita Otomotif

90 Tahun Jadi Merek Mobil Terlaris di Amerika, GM Kini Disalip Toyota

WASHINGTON - General Motors (GM) dikalahkan oleh Toyota di ‘rumah’ mereka sendiri, setelah 90 tahun berkuasa.

GM selama 90 tahun menjadi merek mobil terlaris di Amerika Serikat. Akan tetapi, pada 2021, rekor fantastis itu dihentikan oleh musuh terberat mereka yakni Toyota.

Pabrikan mobil asal Jepang tersebut, seperti dilaporkan Wall Street Journal beberapa waktu lalu, membukukan penjualan 2,3 juta unit pada 2021. Ada peningkatan 10 persen dibandingkan dengan performa mereka setahun sebelumnya.

Adapun GM mencatatkan penjualan 2,2 juta unit pada 2021. Volume tersebut berkurang 114 ribu unit atau 13 persen dibandingkan tahun lalu.

Jika dijabarkan, penjualan GM antara lain kalah dari Toyota pada kuartal kedua dan ketiga 2021. Pada kuartal ketiga, kedua pihak sama-sama mengalami penurunan penjualan, tapi performa GM lebih jeblok (minus 43 persen berbanding minus 30 persen).

GM, yang antara lain membawahi merek Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac, mengatakan krisis komponen cip semikonduktor sebagai biang keladi kekalahan mereka.

“Kurangnya suplai cip semikonduktor, di antara hal-hal lainnya, menciptakan serangkaian situasi tak terduga pada 2021,” kata GM dalam keterangan resmi.

“Meski begitu, GM masih tetap mampu mempertahankan kepemimpinannya di segmen pikap full-size dan SUV. Kami memulai 2022 dengan meningkatkan rantai suplai secara bertahap dan hal tersebut semestinya mampu menumbuhkan penjualan kami tahun ini selain juga karena rencana peluncuran berbagai kendaraan--termasuk mobil listrik dan penyegaran model pikap,” lanjut mereka lagi.

Pabrikan mobil asing di Amerika Serikat yang menorehkan penjualan positif pada 2021 bukan hanya Toyota. Hyundai, Mazda, Volkswagen (VW), BMW pun demikian, menurut paparan lembaga riset Cox Automotive.

Hyundai, pabrikan mobil asal Korea Selatan, malah berhasil meraih rekor penjualan di Amerika Serikat dengan 738.081 unit. Volume ini meningkat 19 persen jika dibandingkan 2020.

Sayangnya, belum semua jenama merilis data penjualan resmi. Oleh karena itu, peringkat lengkap merek-merek mobil di Amerika Serikat belum bisa diketahui. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar