9 Juta Wanita Arab Saudi Jadi Sasaran Tembak Pabrikan Mobil

Berita Otomotif

9 Juta Wanita Arab Saudi Jadi Sasaran Tembak Pabrikan Mobil

RIYADH – Setelah pemerintah Arab Saudi memperbolehkan kaum hawa atau wanita mengemudikan mobil sendiri, para produsen mobil dunia langsung tancap gas. Ini karena sedikitnya terdapat 9 juta wanita di Arab Saudi yang menjadi potensial buyers baru yang menjanjikan.

Pemerintahan Arab Saudi akhirnya memperbolehkan kaum hawa menyetir mobil. Setelah puluhan tahun memperjuangkan haknya, para wanita Arab kini bebas mengemudikan kendaraannya masing-masing.

Diketahui bahwa di Arab Saudi terdapat 9 juta wanita yang sudah cukup umur untuk mengemudi. Tentunya ini memberikan angin segar bagi para pabrikan mobil di seluruh dunia. Setidaknya mereka akan memperebutkan pasar baru pada Juni 2018.

Tercatat beberapa pabrikan melakukan kampanye positif dalam menyambut keputusan baru pemerintahan Arab Saudi. Ford adalah salah satu manufaktur yang kedapatan memposting hal tersebut pada sosial medianya.

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini, memposting lirikan mata nan tajam dari seorang wanita di balik spion dalam kendaraan. Sementara Land Rover menampilkan, tas seorang wanita yang isinya berhamburan keluar, dengan caption “Adventure awaits you”.

VW sendiri menampilkan sepasang tangan wanita yang seolah-olah tengah menggenggam alat kemudi. Mereka juga menuliskan caption “It’s your turn, take over the driver’s seat”. Adapun Toyota menampilkan seorang wanita yang hendak memasuki crossover mereka yakni CH-R.

Pangeran Alwaleed bin Talal dari Keluarga Kerajaan juga telah memberikan dukungannya secara terbuka akhir tahun lalu. Beliau menyampaikan sedikitnya 4 halaman secara rinci alasan mengapa reformasi ijin mengemudi untuk wanita akan diberlakukan di negaranya.

Alwaleed menjelaskan bahwa karna wanita tidak bebas mengemudi, miliaran dolar terpaksa dikeluarkan oleh negara untuk mendatangkan pengemudi pria dari berbagai negara. Dan dengan kondisi sekarang tentunya tidak relevan, butuh ada efisiensi dan dalam hal ini dalam koridor yang positif. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual