600 Mobil Listrik Hyundai Sudah Dipesan Masyarakat Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

600 Mobil Listrik Hyundai Sudah Dipesan Masyarakat Indonesia Tahun Ini

JAKARTA – Respons masyarakat Indonesia terhadap mobil-mobil listrik Hyundai di luar dugaan sang pabrikan.

Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) dua model mobil listrik Hyundai, menurut Chief Operating Officer PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, telah mencapai lebih dari 600 unit. Mayoritasnya dikontribusikan oleh Kona Electric.

“Sebanyak sekitar 60 persennya Kona Electric. Lalu 40 persennya Ioniq Electric,” kata dia di sela-sela seremoni pembukaan diler Hyundai Bintaro pada Senin (11/10/2021).

Sekadar mengingatkan, saat ini Hyundai sudah menerjunkan dua model mobil listrik di Indonesia. Model pertama adalah SUV Kona Electric, sedangkan yang kedua sedan Ioniq Electric.

Adapun kisaran harga kedua model yang sama-sama hadir pada 2020 ini ada di angka Rp600 jutaan on the road (OTR) Jakarta.

mobil listrik Hyundai Kona EV dan Ioniq EV

Lebih lanjut, Makmur menerangkan hampir semua dari total 53 diler Hyundai yang kini beroperasi di Indonesia sudah berhasil menjual mobil listrik. Bahkan diler yang berada di Ambon sekali pun.

Namun, di atas 40 persen dari total penjualan Kona Electric maupun Ioniq Electric disumbangkan oleh Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

“Kota-kota besar pasti yang banyak berjualan mobil listrik. Itu masih wajar, masih mengikuti total pasar masing-masing daerah. Pasti yang pertama Jakarta, selanjutnya Surabaya, lalu masuk ke kota-kota di sekitarnya (Pulau Jawa—Red). Tapi yang jelas di Medan, Ambon pun kami sudah berhasil menjual (mobil listrik). Kalau tidak salah di Palu atau Gorontalo pun kami sudah (berhasil) menjualnya,” sambung Makmur.

Terdepan di Pasar Mobil Listrik

Presiden Direktur HMID SungJong Ha, yang juga hadir di Bintaro, menyebut pencapaian Kona EV dan Ioniq EV melebihi ekspektasi mereka. Ia lalu mengklaim Hyundai saat ini sudah menjadi yang terdepan di pasar mobil listrik Tanah Air.

“Kami sudah berada di posisi terdepan dalam hal elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Malah tak hanya di sini, tapi juga di beberapa pasar global lainnya,” ujar dia.

mobil listrik Hyundai Kona EV

Pada 2022, Hyundai menyiapkan satu model mobil listrik lagi untuk pasar Indonesia. Model tersebut adalah yang pertama diproduksi secara lokal di pabrik Hyundai Cikarang, Bekasi.

Hyundai juga berpartner dengan LG membangun pabrik baterai mobil listrik di Cikarang. Pembangunannya selesai pada 2023 dan mulai berproduksi komersial pada 2024.

Pemerintah Indonesia sendiri mulai 16 Oktober 2021 menerapkan insentif PPnBM bagi mobil mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), hingga 100 persen baterai dengan syarat produksi lokal dalam jangka waktu tertentu.

Pada 2025, diharapkan 20 persen kendaraan yang diproduksi lokal berteknologi elektrifikasi. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar