Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Mobil Diesel Bekas di Bawah Rp50 Juta, Mulai Dari Mitsubishi Kuda Hingga Isuzu Panther Kotak

Mobil Bekas

6 Mobil Diesel Bekas di Bawah Rp50 Juta, Mulai Dari Mitsubishi Kuda Hingga Isuzu Panther Kotak

Mobil dengan mesin diesel masih jadi kebutuhan di sebagian kalangan masyarakat. Ini karena biaya operasional mobil diesel yang cukup hemat. Terlebih, kini harga mobil diesel bekas cukup murah, banyak tersedia dengan harga di bawah Rp50 juta.

Pada rentang harga segitu, ada beberapa segmen yang tersedia. Pilihannya mulai dari minibus, SUV, hingga pick up. Perawatan mobil diesel keluaran lawas umumnya tidak rumit, karena teknologinya cukup sederhana.

Berikut ini enam pilihan mobil diesel bekas di bawah Rp50 juta yang bisa kalian pilih. 

1. Isuzu Panther Kotak

1Isuzu Panther Kotak harganya kini cukup terjangkau untuk sebuah mobil diesel. Kalian bisa membeli minibus ini dengan budget di bawah Rp50 juta.

Isuzu Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya kebanyakan negara Asia Tenggara yang bersifat kekeluargaan. 

Sebagai mobil yang berusia cukup lawas, Isuzu Panther tidak dilengkapi fitur hiburan yang berlimpah. Kabin luas dan AC yang super dingin jadi nilai jual utama di Panther Kotak untuk memenuhi aspek kebutuhan dasar suatu kendaraan bagi sebagian orang. 

Bicara soal kenyamanan berkendara, Isuzu Panther Kotak terkenal dengan ayunan suspensi yang empuk. Untuk menunjang kenyamanan, Isuzu Panther dibekali suspensi jenis MacPherson Strut untuk roda depan, dan per daun untuk roda belakang.  

Panther masih dicari karena mesin diesel memiliki torsi yang besar dan cukup diisi Biosolar. Isuzu Panther Kotak didukung mesin berkubikasi 2.238 cc, dengan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 140 Nm. 

10

Mesin diesel konvensional memiliki daya tahan yang tinggi, artinya mesin ini bisa dimasukan dengan solar berkualitas rendah.

Soal perawatan mesin Panther pun tak rumit, dari sisi perawatan yang anda lakukan hanya menjaga kebersihan filter udara dan rutin ganti filter solar saja.

Kalian tidak perlu repot membawanya ke bengkel spesialis. Bawa saja ke bengkel truk bila tiba-tiba terjadi masalah di perjalanan.

2. Chevrolet Trooper

Chevrolet Trooper di Indonesia jadi salah satu mobil idaman era 80-an. Selain memiliki tampilan tangguh dan dibekali sistem penggerak 4x4, SUV ini juga dikenal memiliki karakter suspensi yang nyaman untuk ukuran sebuah SUV.

Mobil yang dikembangkan bersama antara Isuzu dan Chevrolet ini bisa dibilang mahakarya tim engineering Isuzu. Pabrikan asal Jepang ini ingin menciptakan kendaraan dengan ketangguhan khas 4x4 di medan off-road dan kenyamanan ala sedan di kondisi on-road. Untuk varian short chassis harganya di bawah Rp50 juta. 

Chevrolet Trooper didesain oleh Giorgetto Giugiaro, desainer mobil ternama Italia pemilik studio Italdesign. Giorgetto Giugiaro merupakan salah satu desainer otomotif yang cukup berpengaruh di dunia, dengan karyanya seperti VW Golf GTI, Lotus Esprit, dan banyak lainnya. 

Trooper menjadi jip yang mutakhir, dengan penempatan instrument dan tombol-tombolnya yang ergonomis. Postur yang tinggi membuat pandangan keluar juga terasa commanding, memudahkan kita memantau area di sekitar mobil.

Sistem suspensi yang nyaman di kelas SUV menjadi salah satu kelebihan Trooper. Saat kehadirannya di Indonesia pada tahun 1984, jip 4x4 seperti Daihatsu Taft, Suzuki Jimny, Nissan Patrol dan Toyota Land Cruiser masih menggunakan suspensi model rigid axle untuk poros roda depan dan belakang. Sementara itu, Trooper sudah menggunakan suspensi depan independen model double wishbone dengan pegas torsi. 

Mesin yang digunakan pertama kali adalah diesel C223 berkapasitas 2.238cc (UBS51) yang masih non turbo,  dengan tenaga 71 hp dan torsi maksimal 140 Nm. Mesinnya serupa dengan yang digunakan oleh Isuzu Panther Kotak sehingga cukup mudah ditangani oleh bengkel truk apabila terjadi masalah.

3. Kia Carnival, MPV Mewah Bermesin Diesel

1

Sebagai mantan mobil mewah, Carnival gen 1 telah dibekali fitur premium. Harganya makin terjangkau, bisa kalian beli dengan budget di bawah Rp50 juta. 

MPV ini memiliki fitur keren seperti sunroof, tombol pengaturan di setir, aksen wood panel di area dashboard, kursi elektrik berlapis kulit, spion elektrik, AC climate control hingga baris belakang, heater di bawah jok, head unit 2 din, cruise control, dan defogger. 

10

Carnival memiliki layout kursi 2+2+3, dimana untuk baris keduanya telah memakai kursi model captain seat yang dilengkapi arm rest. Lebih lanjut, joknya memiliki busa yang tebal dan empuk, sehingga cukup nyaman ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Carnival gen 1 mengandalkan mesin diesel J3 2.900 cc Euro2 4 silinder segaris dengan turbo intercooler, tenaga yang dihasilkan sebesar 145 Hp dengan torsi puncak 338 Nm. Untuk pemakaian luar kota, mobil ini sanggup menempuh jarak 12-13 km/liter, sedangkan rute dalam kotanya di angka 10 km/liter.

4. Mitsubishi Kuda, MPV Keluarga yang Terjangkau di Bawah Rp50 Juta

Mitsubishi Kuda 1999 Diesel GaulUntuk opsi mesin diesel, Mitsubishi Kuda memiliki varian 2.5 liter  4D56 2.5L non turbo. Mesin yang serupa L300 mampu melecutkan tenaga hingga 75 PS @4.200 rpm serta torsi 143 Nm @2.500 rpm. Harganya makin terjangkau, di bawah Rp50 juta.

Mesin dieselnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps. Ini membuat lari Mitsubishi Kuda lebih nendang untuk berkendara di jalan tol karena tenaganya lumayan meningkat daripada L300. 

Memang ada beberapa perbedaan, semisal engine mounting tapi di mesin kodenya sama persis. Jadi semestinya komponen di Kuda bisa saling substitusi dengan Elsapek.

Mitsubishi Kuda 2000 Diesel

Di pasaran, ketersediaan suku cadang mobil ini cukup melimpah, dan harganya spare partnya juga sangat terjangkau. Jadi kalian tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang banyak ketika melakukan perbaikan di sektor mesinnya.

Mitsubishi merancang suspensi Kuda cukup empuk dengan jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan rigid axle/per daun di roda belakang. Kombinasi tersebut membuat ayunan mobil ini terasa cukup nyaman ketika melewati medan yang berbatu.

Hal lain yang patut jadi pertimbangan ialah desain kursinya lebih nyaman. Bentuk kursinya ini serasa memeluk badan lebih baik dan busanya lebih empuk. Jadi masih layak untuk perjalanan jarak jauh keluarga besar karena tidak membuat badan mudah pegal. 

5. Mitsubishi L300 Gen 3, Pick Up Legendaris dengan Mesin Diesel

Mitsubishi L300 bok solar 2009 power steringmobil pickup alias losbak punya peranan penting untuk angkutan barang, mulai dari angkut sayur, bahan bangunan, dan masih banyak lagi. Mitsubishi L300 merupakan mobil legendaris yang sudah terbukti ketangguhannya, dengan model yang bertahan hampir 40 tahun hadir di Indonesia. 

Hampir diseluruh daerah, kita bisa menemukan L300 alias Elsapek untuk kegiatan sehari-hari mulai dari jadi angkutan umum atau mobil angkutan barang.

Mitsubishi L300 ini memiliki dimensi panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.845 mm, dengan panjang bak 2.430 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 360 mm. 

Untuk budget di bawah Rp50 juta, L300 hadir lewat satu pilihan sumber tenaga yakni mesin diesel 4D56 4-silinder SOHC 2,5 liter.  mesinnya menghasilkan torsi 133,4 Nm pada 2.500 rpm dan disandingkan dengan transmisi manual 5-speed.

6. Tata Super Ace, Pick Up India di Bawah Rp50 Juta

Tata Super Ace Dls 1,4 DieselOpsi lain mobil niaga selain dari brand Jepang ada Tata Super Ace yang dirilis Tata Motors dari India. Harga bekas pick up dengan mesin diesel ini cukup terjangkau, ada yang dijual di bawah Rp50 juta. 

Tata Super Ace memiliki panjang 4.340 mm, lebar 1.565 mm serta tinggi 1.858 mm. Untuk baknya sendiri mempunyai panjang 2.690 mm, lebar 1.512 mm dan tinggi 430 mm.

Fitur yang ada pada Tata Super Ace cukup sederhana, hanya power window, AC, power steering, adjustable headlights, dan cup holder yang diletakan di belakang konsol tengahnya. Sayangnya, untuk sistem hiburan di mobil ini tidak tersedia. 

Sebagai mobil niaga, fitur keselamatan di Tata Super Ace sebatas rangka perlindungan benturan depan, perlindungan benturan samping, pengingat pintu terbuka, serta sistem pengereman cakram di roda depan dan rem tromol di roda belakangnya. 

Tata Super Ace memakai suspensi Independent, strut type, with coil springs di depan serta Semi Elliptical Leaf Spring with Shock absorber-Hydraulic double acting telescopic type pada roda belakang.

Tata Super Ace 1.4 DLE dibekali mesin TATA 475 IDI TCIC Turbocharged, Intercooled 4-Silinder segaris yang menghasilkan tenaga 72 PS @4.500 rpm dan torsi sebesar 135 Nm @2.500 rpm. Super Ace menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang disalurkan ke penggerak roda belakang. (YS)
 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang