Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Hal Penting Kia Rio, Alternatif Menarik Daripada Honda City Hatchback

Panduan Pembeli

6 Hal Penting Kia Rio, Alternatif Menarik Daripada Honda City Hatchback

Nama Kia Rio tenggelam di tengah pertarungan trio hatchback dari pabrikan Jepang yaitu Honda City Hatchback, Suzuki Baleno, dan Toyota Yaris. Karena kalah saing, Kia Indonesia akhirnya tidak lagi menjual Kia Rio pada 2022-2023. Padahal secara kelengkapan fitur, hatchback Korea ini tak kalah mewah dibanding lawannya dari Jepang.

Sebagai informasi, Kia Rio terakhir meluncur di Indonesia pada 2017, yang masuk ke dalam generasi keempat. Harga yang ditawarkan oleh Kia Rio saat itu lebih murah daripada Toyota Yaris tapi sedikit lebih mahal daripada Suzuki Baleno. 

Kia Rio menyediakan beberapa fitur keren yang tidak dimiliki kompetitornya saat itu, semisal panoramic sunroof, hingga pengaturan tilt & telescopic untuk setir yang membuat posisi berkendara jadi ergonomis.

Selain itu, transmisi otomatis di mobil Korea ini juga lebih maju, karena berkonfigurasi 6-percepatan dimana mobil lain hanya memakai CVT atau otomatis 4-percepatan.

Itu tadi sekilas kehebatan dari Kia Rio yang harus 'mati muda' karena sulit bersaing dengan hatchback keluaran brand Jepang. Berikut ini kami akan mengulas beberapa hal penting dan menarik dari Kia Rio yang bisa jadi alternatif value for money di segmen mobil bekas.

1. Desain Kia Rio yang Elegan dan Modern

1Kia jadi brand dengan inovasi desain yang punya cita rasa modern dan elegan.  Kia Rio hadir dengan gaya cukup elegan, dengan gaya 'European Style'. Ini karena memang desainernya orang Eropa dan pasar mereka cukup besar di benua biru.

Terlebih, Kia telah berevolusi menjadi pabrikan otomotif dengan reputasi semakin baik dari sisi desain dan teknologi. Dengan fokus konsumen di Eropa dan Amerika, Kia di bawah komando Peter Schreyer selaku desainer merancang desain Rio dengan gaya yang kalem dan elegan.

Kia menyempurnakan desain Kia Rio generasi keempat dalam facelift-nya dengan sudut lebih mengotak. Walau bukan mobil mahal, tapi kesan mewah bisa kita nikmati dari desain luar Kia Rio dengan aksen garis tegas dan sudut serba tajam. 

Kap mesin lebih panjang, pilar A lebih pipih, dan pilar C bentuknya ramping. Dimensi panjang dan wheelbase juga lebih besar dari sebelumnya.

Pada grill tiger nose diwarnai aksen solid berkelir piano black supaya kuat kesan elegan. Desainnya menyambung dengan headlamp yang lebih sipit agar memiliki kesan tegas. Kesan sporty kian kuat karena Kia Rio pakai velg berdiameter 17 inci, lebih besar dari Yaris atau City Hatchback. 

2. Fitur yang Modern di Segmen Hatchback

12

Aksen modern ala Eropa hadir dengan sistem pencahayaan LED untuk headlamp depan, foglamp, dan lampu belakang. Sistem pencahayaannya berupa LED Projector with Bi Function, Auto Light, Delay Function & Static Bending yang dipadukan dengan LED DRL.

Kia Rio juga sudah mendapatkan power sunroof yang berguna untuk membuat interior lebih berkesan luas saat tirainya dibuka. Adanya panoramic sunroof ini juga bisa membuat sirkulasi udara lebih baik untuk interior karena kita tidak perlu membuka jendela untuk membuang hawa panas.

Mobil ini juga telah  dibekali dengan fitur passive keyless entry yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi membuka pintu mobil tanpa harus menekan tombol di remote.

3. Memiliki Standar Keselamatan Terbaik

Bicara aspek keselamatan, Kia Rio ini memperoleh skor bintang 5 dalam uji tabrak New Car Assessment Program (NCAP). Ini karena struktur rancang bangun serta fitur keselamatan yang komprehensif tersedia di mobil tersebut.

Kia Rio diproduksi dengan material 48% Advanced High Strength Stel (AHSS) serta Press-Hot Stamped pada struktur rangkanya. Tujuannya supaya dapat memberikan perlindungan ketika mengalami benturan cukup keras. Rangka yang ringan juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Lebih lanjut, Kia Rio dibekali sistem pengereman cakram di empat rodanya dengan dukungan ABS dan EBD. Kemudian untuk perlindungan penumpang di kabin tersedia Dual airbag, 3 Point ELR di depan, dan 3 Point ELR (Side) 2 Point (Center) dibelakangnya.

4. Interior Kia Rio Punya Fitur Multimedia dan Kenyamanan yang Ideal

14Masuk ke kabin Kia Rio memang tidak ada yang istimewa soal material yang ada. Bagian dashboard dan doortrim masih didominasi dengan material plastik keras. Bagusnya, desain dashboard ini begitu dinamis dengan adanya garnish silver yang memberi kesan modern.

Sistem audio dan multimedia bisa menjadi kelebihan Kia Rio, berbekal loating head unit 7 inci yang bisa dikoneksikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Kia Rio juga tersedia 4 speaker dengan 2 tweeter, yang memberikan kualitas audio yang cukup baik.

Untuk fitur kenyamanan, Kia Rio sudah memakai AC digital dengan auto climate, jadi pengaturannya tinggal pencet tombol dan bisa menyesuaikan suhu kabin secara otomatis. Sementara itu pada sisi pengemudi, terdapat layar MID Super Vision with 3,5” LCD pada dashboard yang memberikan informasi lebih detail mengenai status kendaraan.

Mobil ini pun cukup ideal sebagai kendaraan harian bagi keluarga kecil karena terdapat empat cupholder yang terletak pada door trim serta satu cupholder pada konsol tengah. Selanjutnya armrest pada konsol tengah juga bisa dibuka untuk menyimpan barang keperluan seperti smartphone dan benda kecil lainnya.

5. Spesifikasi Mesin yang Tidak Istimewa, Tapi Cukup Proporsional dan Modern

Kia Rio menggunakan mesin baru Kappa 1.4L Dual Continously Variable Valve Timing 1.348 cc dengan struktur transverse (melintang). Mesin berkapasitas 1.4L yang mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 100 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 133 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Tenaganya jelas kalah dibanding Toyota Yaris (105 PS) apalagi City Hatchback (121 PS). Namun Kia Rio unggul dari segi teknologi transmisi yang digunakan. 

Hal menarik dari hatchback ini ialah pada transmisi yang tersedia. Kia Rio menggunakan transmisi manual dan otomatis dengan masing-masing terdiri dari 6 tingkat percepatan. Jenis transmisi matic konvensional dengan 6-speed ini tergolong modern, karena umumnya masih memakai matic 4-speed.  

6. Harga Jual Bekas yang Stabil

2

Meskipun harga baru Kia Rio lebih murah daripada duo hatchback Jepang (City Hatchback dan Yaris), tapi harga bekas mobil ini tetap kompetitif.

Sebagai gambaran, harga Kia Rio bekas keluaran 2019-2020 dijual dengan harga pasaran antara Rp217 juta hingga Rp239 juta. Artinya, harga jual kembali dari Kia Rio cukup stabil dengan nilai depresiasi yang rendah.

Kesimpulan

Merek asal Korea Selatan seringkali dipandang sebelah mata bila dibandingkan dengan mobil Jepang. Terlebih, produk terbaru brand Kia memang tak begitu terkenal di Indonesia dibandingkan pabrikan otomotif asal Jepang.

Kehadiran Kia Rio bisa menjadi alternatif dengan berbagai model yang dipasarkan. Kia Rio bisa menawarkan suatu value yang berbeda, dengan adanya sunroof membuatnya lebih mewah.
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang