Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

6 Fakta Penting Nissan Terra Pre-Facelift, Penantang Fortuner yang Kurang Dianggap

Panduan Pembeli

6 Fakta Penting Nissan Terra Pre-Facelift, Penantang Fortuner yang Kurang Dianggap

Pamor Nissan Terra kalah mentereng daripada Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport yang merajai pasar. Padahal Nissan Terra dikembangkan dari model double cabin Nissan yang terkenal tangguh yaitu Navara.

Segmen SUV Medium 7-seater di Indonesia merupakan segmen dengan persaingan cukup sengit. Hampir tiap pabrikan mulai dari Toyota hingga Honda dan Wuling menghadirkan produk mereka di segmen ini. Untuk SUV 7-seater ladder frame, fokus masyarakat selama ini hanya tertuju pada Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. 

Padahal selain dua merek tadi, masih ada beberapa merek Jepang lain yang turut bertarung seperti Isuzu MU-X dan Nissan Terra. Soal performa di medan off road, jelas tidak perlu diragukan lagi. Untuk varian 4x2 kemampuannya lebih dari cukup bila kita menggunakannya hanya di medan off road ringan. 

Seperti apa sisi menarik dari Nissan Terra yang membuatnya bisa mengungguli Fortuner atau Pajero Sport? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Tampang Maskulin dan Premium

Melihat sosok Nissan Terra, tersuguh SUV macho dengan DNA tangguh khas Nissan dengan styling bongsor mirip Nissan Patrol. Hadir sebagai SUV menengah atas, penampilan Terra pre-facelift cukup mewah dan maskulin melalui flared fender dengan lekukan lembut dan garis bodi yang dibuat cukup tegas melalui bagian handle door chrome yang elegan. 

Desain depan Terra pre-facelift dapat kita kenali sebagai bahasa desain Nissan, melalui grill V-Motion dan lampu Adjustable Headlights berteknologi DRL beserta fog lamp yang berukuran kompak untuk menunjang kebutuhan cahaya di malam hari. Kemudian di bagian belakang, dilengkapi stoplamp modern LED yang desainnya mengikuti alur garis body dari sisi sampingnya. 

Konsep mobil penumpang serba bisa jadi basis untuk pengembangan Terra. Bisa dibilang, SUV Nissan ini menggabungkan kenyamanan dan mengemudi di jalan raya hingga ketangguhan menghadapi tantangan medan off road.

2. Dimensi Tinggi Besar, Cocok Untuk Medan Off Road Terjal

Nissan Terra memiliki panjang 4.895 mm. Lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.835 mm. Sedangkan jarak ke tanah mencapai 225 mm dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Kemudian untuk radius putar Nissan Terra hingga 5,7 meter memudahkan pengemudi ketika berbelok atau balik arah.

Dengan ground clearance Nissan Terra yang tinggi, wajar jika muncul ekspektasi bahwa Nissan Terra akan dengan mudah melahap segala kondisi jalan raya, termasuk medan off road. Baik itu menembus air banjir, lubang yang menggembung atau melewati gundukan batu dengan mudah.

3. Tenaga Mesin yang Fantastis Dikelasnya

Aspek lain yang jadi keunggulan Nissan Terra yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel dengan kode YD25-DDTi sudah mengunakan turbo diesel (VGS) dengan intercooler. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 190 PS di 3.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 450 Nm pada 2.000 rpm.

Performa sangar dari mesintersebut disalurkan melalui dua pilihan transmisi yakni otomatis dan manual 6-percepatan. Sementara itu penggeraknya terdapat opsi 4x2 atau 4x4.

4. Fitur Keselamatan yang Lengkap dan Komprehensif

Nissan Terra dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD (Electronic Brake Distribution) dan Engine Immobilizer. Nissan Terra memiliki fitur yang tidak terdapat pada kompetitornya seperti Mitsubishi Pajero Sport, yaitu airbag samping di kabin depan, Brake Assist, Vehicle Stability Control System, dan rem cakram belakang.

Fitur keselamatan lainnya ada ABS, Airbag, EBD, bahkan Hill Start Assist dan Hill Decent Control. Masih ada lagi fitur pelengkap seperti Lane Departure Warning dan Blind Spot Warning membantu pengemudi ketika dalam perjalanan. Ditambah adanya Moving Object Detection yang juga berguna ketika ada kendaraan lain secara mendadak berada di sekitar mobil.

5. Kabin yang Cukup Kedap

Kekedapan kabin SUV terbaru Nissan ini ternyata berasal dari tiga 'formula' yang dikembangkan oleh para insinyur Nissan. Rumus tersebut dihasilkan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi tiga macam sumber kebisingan yang berpotensi merusak kenyamanan ruang kabin.

Ketiga sumber kebisingan tersebut antara lain kebisingan mesin, kebisingan jalan raya, dan kebisingan angin. Kemudian setiap sumber kebisingan diolah secara spesifik agar material dan teknologi yang dipilih optimal dalam mereduksi.

Mulai dari penggunaan tiga isolator dasbor clayer yang berperan mereduksi suara bising dari mesin yang menyusup ke dalam ruang kabin.

Sedangkan kebisingan jalan raya direduksi dengan penggunaan karpet yang memiliki lapisan isolasi (EPDM) dan lapisan serap (FELT). Kasus lain kebisingan angin yang dapat diredam dengan sangat baik berkat kaca akustik di kaca depan.

6. Fitur Kenyamanan Sebagai Mobil Keluarga 

Nissan merancang Terra dengan kemampuan SUV tangguh dan kabin yang nyaman dengan fitur mewah. Kabinnya yang besar mampu mengangkut tujuh orang penumpang yang dimanjakan beberapa fitur canggih yang disematkan pada bagian dashboard. 

Kabinnya tergolong luas dimana penumpang baris pertama dan kedua mendapat ruang kaki yang lega. Sementara baris ketiga idealnya diduduki oleh anak kecil.

Karena rancangannya mengutamakan kenyamanan, kursinya mengusung konsep bangku Zero Gravity. Konsep tadi akan memberikan kenyamanan kepada para penumpang dan membantu mengurangi rasa letih.

Setirnya dibalut bahan kulit yang sudah dilengkapi beberapa tombol multifungsi agar memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment.

Fitur multimedia mengandalkan head unit 2DIN dengan layar sentuh fungsional yang mendukung Radio AM/FM, DVD Player, HDMI, remote control, MP3, dan sistem navigasi serta fitur konektivitas. 

Head unit bawaan Terra terhubung dengan roof Monitor LCD  10 inch menggantung di atap, membuat penumpang baris kedua hingga belakang bisa menikmati sajian video ataupun film.

(YS)
 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang