Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Wuling Cloud EV, Mobil Listrik yang Cocok Untuk Segala Aktivitas Keluarga

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Wuling Cloud EV, Mobil Listrik yang Cocok Untuk Segala Aktivitas Keluarga

Setelah sukses dengan Air ev dan Binguo, Wuling Motors terus menghadirkan produk kendaraan listrik mutakhir berikutnya, yakni Cloud EV. Cloud hadir sebagai sebuah kendaraan yang menonjolkan desain elegan serta menyajikan kenyamanan untuk mobilitas keluarga sehari-hari.

Inspirasi nama Cloud yang berarti awan mencerminkan suatu kelembutan yang indah. Filosofi tersebut jadi konsep dalam menciptakan Wuling Cloud sebagai sebuah mobil untuk pemakaian individu maupun keluarga yang nyaman dikelasnya.

Wuling Cloud EV memiliki dimensi yang lebih besar dari dua produk EV Wuling sebelumnya. Kendaraan listrik di segmen medium hatchback ini didesain dengan lekukan halus di sisi samping seperti gumpalan awan.

"Sejalan dengan gerakan ‘This is my EV Way’ yang memiliki ABC stories, kami telah mewujudkan A di Air ev, B dengan BinguoEV, dan kini C akan dibuka dengan Cloud EV.  Ini merupakan wujud komitmen kami untuk menghadirkan berbagai jenis kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia," jelas Dian Asmahani selaku Sales & Marketing Director Wuling Motors saat memperkenalkan Wuling Cloud di IIMS 2024.

Sebagai produk pendatang baru, Wuling Cloud EV dipersiapkan dengan beberapa keunggulan yang siap memanjakan para pemiliknya selama perjalanan. Untuk itu, kami akan mengulas lebih dalam keunggulan yang dimiliki hatchback bertenaga listrik tersebut.

Simak ulasannya berikut ini.

1. Desain yang Lembut dan Elegan 


Wuling kembali melanjutkan ide desain mobil listrik yang lembut pada sosok Cloud EV, setelah sebelumnya Binguo EV hadir dengan bentuk yang imut. Desain pada Cloud EV terinspirasi dari lekukan dan bentuk awan (Cloud Shaped Design) dengan siluet melengkung tanpa sudut yang tajam. 

pada fascia depan terdapat lampu DRL horizontal di bagian tengah dengan lampu sein LED di kiri dan kanan serta LED projector headlamp sebagai pencahayaan utama. Selanjutnya pada sisi belakang Cloud EV tampil modern dengan LED position lamp horizontal dan lampu belakang LED dengan High Stop Mount 

Pada sisi samping, terdapat Hidden Inductive Door Handles yang menambah kesan sleek yang unik pada bagian pintu. Kemudian alas kakinya menggunakan velg alloy berukuran 18 inci dengan desain yang terinspirasi dari Bianglala. 

2. Interior Elegan dengan Kursi yang Nyaman

Hal berikutnya yang jadi sorotan dari Wuling Cloud EV ialah interiornya. Ini karena Cloud EV mengusung konsep ‘Home Life Space’ di dalam kabin. Interiornya memiliki ruang yang luas serta nuansa kenyamanan maksimal bagaikan di rumah. 

Kesan nyaman dan lembut pun bisa dirasakan saat duduk karena kursinya dibuat dengan desain Italian Bubble Sofa Style. Kursinya dapat diatur secara elektrik enam arah di kursi pengemudi dan empat arah di kursi penumpang depan. 

Makin menarik, karena kursi depan memiliki fitur Sofa Mode yang menambah kenyamanan dalam kabin. Fitur ini bekerja dengan cara merebahkan sandaran kursi baris pertama dengan maksimal. Kemudian kita bisamerebahkan bangku belakang hingga 135°. 

Dengan posisi tersambung secara keseluruhan membuat kursi menyerupai sofa panjang yang nyaman. Sofa Mode dapat digunakan saat beristirahat dalam perjalanan.

Cloud EV menonjolkan desain kabin dengan nuansa black pearl yang elegan. Wuling menggunakan material kulit premium berkualitas yang melapisi dashboard, sandaran tangan pada door trim, hingga konsol tengah. 

Tidak ketinggalan, lapisan kulit juga membalut lingkar kemudi yang semakin menambah impresi berkelas di ruang kabin. Kelembutan jok kabin memberikan rasa nyaman penumpang saat berada di perjalanan dalam waktu lama.

Kabin yang Lega dengan Ruang Penyimpanan Melimpah

Wuling Cloud EV memiliki dimensi panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.652 mm, dan sumbu roda 2.700 mm. Dengan panjang di atas empat meter serta wheelbase 2,7 meter, membuat interior Cloud EV jadi cukup lega dengan bagasi yang luas. 

Dengan ruang kabin yang lega, Cloud EV memiliki 18 kompartemen penyimpanan. Bicara penyimpanan barang, mobil ini juga didukung bagasi deep sunk dengan volume hingga 606 liter. Bila membutuhkan ruang bagasi yang lebih besar, kita bisa melipat bangku belakang hingga rata dan menambah volume bagasi dengan total keseluruhan 1.707 liter.

4. Fitur di Wuling Cloud EV, Canggih dan Futuristik 

Wuling sejak lama dikenal sebagai pabrikan mobil yang cukup royal fitur di mobil buatan mereka. Pada interior Wuling Cloud EV dibekali beragam fitur canggih. 

Mulai dari dua layar besar pada bagian dashboard yang masing-masing berfungsi sebagai head unit dan panel instrumen cluster. Kedua layar tersebut memiliki resolusi yang tinggi untuk memaksimalkan visual bagi pengguna Cloud EV. 

Untuk mengakses informasi kendaraan, dapat dipantau oleh pengemudi melalui layar 8.8 Inch Multi Information Display. Selanjutnya untuk pusat kendali fitur dan multimedia yang terintegrasi, bisa diakses di layar head unit 15.6 Inch LED Central Control Screen yang berada di tengah dashboard. 

5. Punya Jarak Tempuh yang Semakin Jauh

Wuling Cloud EV cocok digunakan sebagai mobil listrik harian dalam berbagai kebutuhan berkendara. Tak cuma digunakan untuk berkendara harian dalam kota, mobil listrik ini juga memiliki kemampuan untuk digunakan perjalanan antar kota. 

Mobil yang masuk di segmen medium hatchback dengan kemampuan jarak tempuh 460-505 Km. Ini karena secara segmentasi produk, Wuling Cloud EV posisinya berada di atas Wuling Air ev dan Binguo EV. 

Fakta tersebut membuat pengguna Wuling Cloud tak cuma  bisa menggunakannya di dalam kota. Mobil ini bisa digunakan berkendara langsung dari Jakarta hingga ke Semarang dalam sekali pengisian penuh. 

Sebagai informasi, Cloud EV di negara asalnya menggunakan motor penggerak berupa Permanent Magnet Synchronous menghasilkan tenaga sebesar 134 HP dan torsi puncak mencapai 200 Nm. Mobil listrik ini tersedia dalam dua opsi baterai yang masing-masingnya berkapasitas 37,9 kWh dan 50,6 kWh. 

Besaran output tenaga maupun torsi yang dihasilkan bahkan mampu jauh mengungguli hatchback konvensional bermesin 1.500 cc naturally aspirated dengan tenaga di kisaran 105-125 hp. 

Kesimpulan 

Wuling Cloud EV jadi mobil listrik yang patut disorot selama ajang IIMS 2024 berlangsung. Ini karena nama besar Wuling Motors sebagai pabrikan otomotif pertama yang memproduksi secara lokal kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Bukan tidak mungkin nantinya Wuling Cloud EV menyusul dua produk mobil listrik Wuling lainnya yang sudah diproduksi lokal pada pabrik mereka di Cikarang. Ini tentunya bakal membuat harga jual Wuling Cloud bisa makin kompetitif karena mendapat insentif dari pemerintah. 

Selain itu secara spesifikasi, Wuling Cloud EV bisa secara fleksibel digunakan sebagai mobil harian untuk berkendara dalam kota atau berkendara jarak jauh jika diperlukan. Kapasitas baterai yang cukup besar dan kinerja motor listriknya yang menghasilkan tenaga di atas hatchback konvensional membuat Cloud EV menjadi mobil listrik serba bisa.

Bagaimana, tertarik dengan si 'Awan' asal Tiongkok ini?
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang