Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Honda City Hatchback, Mobil Perkotaan yang Serba Bisa

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Honda City Hatchback, Mobil Perkotaan yang Serba Bisa

City Hatchback RS pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Maret 2021. Honda City Hatchback mengusung konsep sebagai hatchback kekinian dengan style modern untuk kalangan berusia muda.

Mengusung konsep "Energetic, the H Atchback”, Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat.

Bila melihat sosok City Hatchback RS mungkin tidak sebegitu agresif layaknya Jazz atau Civic Hatchback. Penampilannya cenderung kalem dan lebih dewasa walaupun aura sporty tetap terlihat. 

City Hatchback kini hanya tersedia dalam tipe RS. Berikut ini harga terbaru Honda City Hatchback 2024:

  • Honda City Hatchback RS M/T Rp352,5 juta
  • Honda City Hatchback RS A/T Rp362,5 juta 

Sebelumnya, Honda Prospect Motor telah mengonfirmasikan kalau Honda Jazz akhirnya berhenti diproduksi dan dijual pada 2020. Sebagai pengganti, Honda City Hatchback hadir pada 2021 lalu dengan spesifikasi yang konon lebih menarik. 

Honda City Hatchback RS diproduksi di Indonesia dengan kandungan local purchase sebesar 70 persen. Kehadiran City Hatchback diharapkan bisa meneruskan dominasi Honda Jazz yang lebih unggul dari sisi penjualan daripada Toyota Yaris.

Hatchback ini sudah lebih dari cukup bila digunakan sebagai mobil harian. Desain oke, kabin lega, mesin baru lebih bertenaga, fitur juga mentereng. Kali ini, kami akan membahas beberapa hal menarik dari suksesor Honda Jazz tersebut.

Simak ulasannya berikut ini. 

1. Desain Stylish dan Elegan ala Honda City Hatchback

 

Pada grill depan City Hatchback RS menampilkan aksen khas Honda yaitu Solid Wing. Lampu depannya agak sipit, mirip seperti yang terdapat di Honda Civic. Sistem pencahayaan telah memakai Full LED, mulai dari Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. 

Selain itu, warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16” Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter sporty.

Pada sisi belakang, bumpernya dilengkapi diffuser, selanjutnya ada fog garnish, bumper depan add-on, dan lower mesh grill yang menonjolkan kesan sporty. stoplamp dan taillamp mengusung teknologi LED dengan desain sipit.

Bicara soal dimensi kendaraan, Honda City Hatchback RS ini memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.488 mm. 

Dibandingkan dengan Jazz, City Hatchback RS memiliki dimensi yang lebih proporsional. Atap yang rendah dengan ukuran mobil yang panjang dan lebar membuat City Hatchback ini lebih streamline, dan punya hambatan angin rendah. 

Rancangan seperti ini juga membuat handling mobil kian minim limbung. Untuk kalian yang punya karakter berkendara agresif, akan menyukai desain City Hatchback yang pipih ini. 

2. Honda City Hatchback Menyempurnakan Kekurangan di Honda Jazz

Sebagai suksesor, tentu City Hatchback harus lebih baik daripada Jazz. Mengusung konsep ‘Ambitious Beauty’, kabin Honda City Hatchback terlihat lugas dengan memberikan tampilan yang modern. 

Aksen sporty hadir dari desain baru jok berlapis suede dengan aksen jahitan garis merah. Pada sekeliling speedometer dan takometer dipercantik lampu ambient menyala merah yang memberi kesan sporty.

Ketika masuk ke dalam kabin, seketika langsung terlihat jok ‘ultrasound seat’ yang memberikan kenyaman berkat desainnya yang dibuat melebar. Pemakaian bahan pelapis premium suede ini sekaligus membuat kabin Honda City Hatchback mampu menampilkan kesan elegan.

3. Konfigurasi Interior yang Praktis dan Kaya Fitur 

City Hatchback ini dipersiapkan sebagai mobil keluarga. Walaupun bukan MPV tapi City Hatchback punya konfigurasi kursi yang praktis.

Jangan cemas soal akomodasi, karena Jazz mewarisi Ultraseat ke City. Satu fitur unggulan dari Honda Jazz, yaitu Ultra Seat juga tetap tersedia pada penerusnya ini. 

Honda City Hatchback RS didukung dengan berbagai fitur canggih seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, dan Multi-Angle Rear View Camera. 

Melalui remote, kalian bisa menghidupkan mesin mobil dari luar. Dengan begini kita juga bisa menyalakan AC untuk memberikan suhu dingin di dalam kabin sebelum kalian memasukinya.

Sementara itu, fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobil.

Panel instrumen didesain dengan aksen Sporty Meter Cluster with Red Accent 7 inci yang juga terintegrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Kemudian untuk audio yang digunakan mobil ini didukung 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Pada bagian interior, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone juga dapat dengan mudah ditautkan pada bagian audio dengan fitur Smartphone Connection. 

Tidak hanya itu, mobil ini juga telah disematkan fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan secara Normal View, Wide View dan Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

4. Performa Mesin yang Tenaganya Unggul

City Hatchback RS dibekali mesin yang berbeda dengan Jazz. Hatchback andalan Honda ini mengusung mesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. 

Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 121 PS/6.600 Rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 Rpm. Pilihan transmisi yang tersedia ada matic CVT dan manual 6-percepatan. 

Pada City Hatchback RS CVT, terdapat paddle shift yang bisa digunakan untuk menaikan atau menurunkan gigi secara manual sesuai dengan keinginan pengendara.

Bicara soal performa, jelas City Hatchback terbukti lebih unggul di kelas hatchback. Memang beda tenaganya tidak besar, namun karakter DOHC ini cukup responsif di putaran atas, sehingga memberikan karakter yang agresif saat kita pacu dalam kecepatan tinggi.

5. Honda City Hatchback Telah Dilengkapi Honda Sensing

City Hatchback RS berhasil menyabet 5 bintang sekaligus dari pengujian tes keselamatan pada ASEAN NCAP. Ini karena hatchback andalan Honda tersebut telah didukung beragam fitur keselamatan yang komprehensif.

Perlindungan terbaik tak lepas dari 6 airbags serta ELR (Emergency Locking Retractor) masing-masing kursi sebagai sabuk pengaman pretensioner dan juga ISOFIX.

Selain itu City Hatchback dilengkapi ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder Emergency Stop Signal, Honda Lane Watch serta Walk-Away Auto Lock.

Tak kalah penting, tipe RS dibekali teknologi keselamatan ADAS yang dinamai Honda SENSING. Fitur Honda SENSING pada mobil ini meliputi; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System, dan Auto High Beam.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang