Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Hal Menarik Honda Brio RS, City Car Fun to Drive dengan Akomodasi Kabin Luas

Panduan Pembeli

5 Hal Menarik Honda Brio RS, City Car Fun to Drive dengan Akomodasi Kabin Luas

Honda Brio RS jadi tipe tertinggi dari Honda Brio. Meskipun bukan jadi tipe terlaris, namun Honda Brio RS jadi opsi menjanjikan sebuah city car yang kaya fitur dan fun to drive. Ukurannya mungil memudahkan penggunanya bermanuver di jalan sempit perkotaan.

Honda menyebut konsep desain Brio dengan istilah ‘Proud of class’. Maksudnya, desain mobil ini sama sekali tak melambangkan dirinya sebagai entry-level atau mobil termurah Honda. Berikut ini harga Honda Brio RS 2024:

  • Honda Brio 1.2 RS MT Rp243,1 juta
  • Honda Brio  1.2 RS CVT Rp253,1 juta

Honda Brio merajai penjualan mobil secara nasional. Memang, penjualannya didominasi oleh Brio Satya, namun bila ingin spesifikasi yang lengkap maka bisa pilih Brio RS. 

Sebagai varian teratas, tentu Brio RS facelift membawa fitur paling lengkap. Brio RS tak masuk kategori LCGC sehingga harganya mahal karena tidak dapat insentif pajak. Keuntungannya, Brio RS punya desain dan fitur yang lengkap di kelas harganya. 

Secara segmentasi, Honda Brio ini bisa disebut 'adik' dari Honda City Hatchback karena ada dibawahnya langsung. Apabila belum cukup uang beli City Hatchback baru, maka Brio RS adalah pilihan rasional.

Honda Brio RS mempunyai panjang 3.810 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm dan jarak sumbu roda 2.405 mm.  New Honda Brio RS yang meluncur pada 2023 lalu dilengkapi dengan penambahan berbagai fitur baru yang semakin memudahkan serta membuat nyaman dan menyenangkan di sepanjang perjalanan.

1. Penampilan Honda Brio RS, Sporty yang Tidak Berlebihan

Penampilan Brio RS ini lebih bersahaja bila dibandingkan Brio RS Urbanite, dengan aksen body kit bergaya sporty namun bisa menjaga sisi elegan sebuah mobil Honda.

Brio RS telah memiliki LED foglamp untuk membantu pencahayaan. Spionnya juga telah terpasang corner lamp untuk lampu sein, dengan pengaturan electric mirror with retractable.

Pada sisi muka terdapat New LED Headlights with LED Daytime Running Light, New Dark Chrome Front Grille Design with New RS Emblem, New LED Fog Lights. 

Grill pada Brio RS juga memiliki emblem atau logo RS pada bagian bawah sisi kiri. Honda Brio RS CVT dipercantik dengan body kit mencakup side skirt yang menampilkan kesan sporty.

Desain bagian belakang pun jadi lebih simple dan tak lagi ekstrim sebagaimana generasi pertama. Sudah tidak ada pintu full kaca lagi, generasi kedua diganti model lebih normal dengan pintu plat body. 

Di bagian belakang, Brio RS sudah disematkan difusser, dan juga sudah dilengkapi dengan high mounted stop lamp dengan desain memanjang serta spoiler di bagian atas pintu belakang.  

Pada sektor kaki-kaki, Brio RS mengandalkan velg yang berukuran 15 inci, dengan warna two tone. Mobil ini juga memiliki caster angle pada bagian depan yang dapat diubah untuk menghasilkan kestabilan yang lebih baik.

2. Interior dengan Fitur Multimedia yang Oke

Honda Brio RS memang mendapat kelengkapan paling istimewa dibanding Brio Satya di bagian interior. Masuk ke dalam kabin Brio RS, kita disuguhi dengan interior beraksen gelap dan garnish oranye yang memberi kesan cheerful. 

Pada jok baris pertama Brio RS facelift telah memakai fitur Adjustable Headrest. Hal ini jelas memberikan rasa nyaman selama perjalanan terutama bagi pengemudi. 

Sistem multimedia di Brio RS menggunakan head unit layar sentuh  7 inci yang mendukung fitur seperti USB Port, AM/FM Radio, Bluetooth & HFT, Screen Mirroring, dan Smartphone Connection, Audio Steering Control serta tweeter speaker.

Tak cukup sampai di situ, panel intrument Brio RS facelift dibekali layar MID di sebalah kanannya yang menampilkan kesan modern sekaligus juga informatif. 

Brio RS juga telah menggunakan tombol Start/Stop Engine untuk menyalakan atau mematikan mesin. Kemudian, terdapat New Illumination Light pada bagian tuas transmisi serta Audio Steering Switch.

3. Performa Honda Brio RS, Tenaganya Paling Besar Untuk City Car

Honda Brio baik itu tipe RS atau Satya menjadi city car paling fun to drive. Sebab, mobil ini memiliki output tenaga paling besar di antara para rivalnya.

Hal ini karena Brio saling berbagi platform dengan Mobilio atau BR-V. Alhasil, sharing platform membuatnya paling advance dari sisi teknologi atau kemampuan mesin.

Honda Brio RS didukung mesin L12 1.199 cc SOHC 4-silinder segaris, 16 valve i-VTEC + DBW yang dapat melecutkan tenaga hingga 90 PS di 6.000 rpm di angka torsi maksimal 110 Nm pad 4.800 rpm. Varian teratasnya tersebut dipadukan transmisi otomatis CVT With Earth Dream Technology.

Transmisi CVT yang digunakan pada Honda Brio menawarkan akselerasi yang halus dan kuat berkat pompa oli dengan daya gesek rendah. Kemudian pada rancangan pulley memberi rentang rasio untuk akselerasi yang halus dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Akselerasinya enteng, bahkan untuk naik ke kecepatan 120 km/jam juga cukup gesit. Walaupun demikian, kecepatan maksimal dibatasi pada 145 km/jam. 

4. Fitur Keamanan dan Keselamatan di Honda Brio RS Proporsional

Berburu mobil kini begitu banyak pilihannya. Dengan budget Rp250 jutaan kita disodori Honda Brio RS ini desainnya sporty, BBM irit, dan ukurannya minimalis khas mobil perkotaan. 

Bicara fitur keselamatan pada Honda Brio RS, mobil ini mengandalkan ABS dan EBD, serta dual SRS airbag di depan. Lainnya terdapat isofix, seat belt warning, speed sensor lock, alarm, immobilizer dan smart keyless.

5. Akomodasi Ruang yang Semakin Lega

Honda Brio generasi kedua menjadi city car yang proporsional urusan akomodasi kabin. Dimensi Honda Brio memang mungil, tetapi tak membuat ruang kursi belakangnya sempit. 

Interior Brio gen 2 lebih lega pada baris pertama dan kedua bila dibandingkan Brio generasi pertama. Baris kedua ukurannya tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup nyaman pada ruang kaki. 

Bahkan untuk bagasinya semakin besar dibandingkan generasi sebelumnya.  Kini bagasi mendapat tambahan panjang 60 mm, dan lebih dari cukup bila untuk membawa tas maupun sepatu. 

Kesimpulan

Honda Brio menawarkan desain yang menawan dan lebih sporty dibanding kompetitornya, khususnya dari segmen LCGC. Menelisik sosok Honda Brio RS dari berbagai aspek, bisa kita ketahui kalau city car ini cenderung fokus pada fun to drive dan akomodasi interior yang luas.

Bobotnya tidak sampai 1 ton, sehingga membuat Brio tak kesulitan bermanuver. Terlebih, handling mobil ini juga cukup presisi sehingga membuat berkendara dalam kota jadi menyenangkan.

Bukan berarti sisi keselamatan dan keamanannya buruk, hanya saja, fitur keselamatan di Brio RS masih kalah mentereng dibanding city car merek sebelah seperti misalnya Toyota Agya GR Sport.
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang