Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Fakta Penting Hyundai Palisade XRT, Tipe Termahal yang Fiturnya Minim Upgrade

Panduan Pembeli

5 Fakta Penting Hyundai Palisade XRT, Tipe Termahal yang Fiturnya Minim Upgrade

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) beberapa waktu lalu merilis varian baru dari Palisade yaitu Palisade XRT. SUV ini dihadirkan sebagai tipe termahal dari keluarga Palisade dengan ciri khas aksen body berwarna hitam.

Secara umum, Palisade XRT hadir membawa spesifikasi dan fitur unggulan dari produk global. Namun tetap ada beberapa penyesuaian spesifikasi yang dilakykan oleh HMID sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Dengan kehadiran tipe XRT, total Palisade ini telah memiliki tiga tipe utama yaitu Prime, Signature, dan XRT. Untuk Signature dan XRT hadir dalam varian AWD dan 4x2. Sebagai tipe teratas, apa saja selling point utama dari Palisade XRT tersebut?

Apakah upgrade yang dihadirkan ini cukup signifikan untuk kebutuhan berkendara? Berikut ini ulasan mendetilnya.

1. Hyundai Palisade XRT Tampil Serba Hitam

Sosok SUV full size ini mudah dikenali karena hadir serba hitam mulai dari grill hingga velg. Adapun perbedaan varian Palisade XRT dengan trim lain yang sudah hadir ialah aksen hitam di lima bagian utama. 

Mulai dari sisi fasad beraksrn hitam pada front bumper guard dan front grille dengan dark chrome. Selanjutnya ada aksen body kit hitam di samping berpadu velg 20 inch 7-spoke dengan warna hitam. Berikutnya pada sisi atap Palisade XRT memakai roof rail warna hitam. Selebihnya, spesifikasi mesin hingga fiturnya serupa dengan varian Signature.

Fakta penting lainnya, Palisade XRT versi Indonesia hanya tersedia opsi wara hitam, tidak ada body colour putih dan interior hitam seperti Palisade XRT versi global dan Amerika.

2. Tidak Mendapat Mesin 3,8 Liter Versi Amerika

Fakta penting dari Palisade XRT versi Indonesia tidak mendapat mesin sangar  3.8L GDI V6 engine dengan output 291 hp seperti versi Amerika. Palisade XRT versi Indonesia dibekali mesin serupa tipe Signature yaitu 2.2L CRD-i empat silinder VGT. 

Mesinnya memproduksi tenaga hingga 200 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 440 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Tenaga dan torsi kemudian disalurkan melalui satu pilihan transmisi otomatis 8-percepatan. Palisade XRT tersedia dalam varian AWD dan 2WD berpenggerak roda depan.

Sistem AWD (All Wheel Drive) pada Palisade XRT bekerja memberikan penggerak independen ke semua roda, sehingga mobil dapat menempuh berbagai medan jalan dan kondisi. Tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda, yang memungkinkan mobil untuk mengatur traksi dan ketinggian sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan.

AWD memungkinkan mobil untuk mengatur traksi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan, sehingga meningkatkan kenyamanan dan kontrol pada berbagai jalan. Sistem AWD membantu menjaga stabilitas mobil meskipun pengemudi menggerakkan dengan kecepatan tinggi atau bermanuver di jalan menikung, karena tenaga dari mesin disalurkan ke semua roda.

Tersedia tiga mode berkendara di Palisade yaitu ECO untuk efisiensi penggunaan bahan bakar yang optimal, dan mode Sport untuk akselerasi mobil yang lebih cepat, atau Smart yang menggunakan algoritma canggih yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan karakter berkendara dari pengemudi.

3. Fitur dan Interior Sama Seperti Tipe Signature

Sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bila Palisade XRT versi Indonesia hanya bermain warna pada sisi eksterior. Spesifikasi mesin hingga fiturnya memakai basis dari Palisade Signature.

Sebagai SUV flagship dari Hyundai, varian terbaru dari Palisade ini mempertahankan suasana kabin yang mewah dengan sentuhan premium dari tipe Signature.

Interiornya hadir dengan aksen merah pada kursinya. Fitur unggulan seperti Ventilated Seat dan Heated Seat di tipe Signature AWD untuk penumpang di baris depan dan kedua juga turut dihadirkan pada Palisade XRT AWD. 

Bicara fitur multimedia yang tersedia di interior Palisade XRT dilengkapi dengan TFT Color Touch Display Audio berukuran 12,3 inci dengan tampilan digital untuk akses ke pengaturan untuk bantuan lebih lanjut dan fitur kenyamanan lainnya. Alunan suara dihasilkan melalui Infinity Premium Audio (12 Speakers) yang memberikan suara jernih dan kenyamanan berkelas untuk penumpang.

Terdapat dua port USB-C Charging di tiap baris dari baris pertama hingga baris ketiga dengan jumlah keseluruhan 6 port USB. Terdapat Wireless Smartphone Charger yang memberikan kemudahan kepada pengguna New Hyundai Palisade untuk mengisi daya smartphone mereka. 

Kemudian, Palisade XRT juga dilengkapi dengan Single dan Dual Sunroof yang menambah kesan dan suasana mewah. Fitur Rear Seat Passenger Talk Mode tersedia yang berfungsi untuk memperlancar komunikasi ketika suara pengemudi tidak terdengar atau tersampaikan dengan baik ke kursi belakang.

Telah Didukung Beragam Fitur Keselamatan Canggih dan Hyundai SmartSense

Sebagai fitur keselamatan standar, Palisade dilengkapi dengan ABS + EBD, Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Multi Collison Brake (MCB), Brake Assist System (BAS), Downhill Brake Control (DBC), Electronic Child Safety Lock System, TPMS, 6 airbags dan rem cakram di semua roda.

Hyundai Palisade XRT tetap didukung Hyundai SmartSense di seperti pada tipe Signature yang mencakup: 

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), 
  • Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA), 
  • Blind Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), 
  • Driver Attention Warning (DAW),  
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).
  • High Beam Assist, Safe Exit Assist (SEA), 
  • Blind Spot View Monitor (BVW) dan Surround View Monitor (SVM), Rear View Monitor (RVM) w/dynamic guidelines, 
  • Manual Speed Limit Assist (MSLA), 
  • Smart Cruise Control (SCC) w/Stop and Go.

Teknologi Bluelink Mudahkan Kontrol Mobil via Smartphone 

Hyundai Palisade XRT dilengkapi dengan teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, sebuah platform yang memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil dan terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam saat terjadi kondisi darurat untuk segera memberikan bantuan.

Teknologi ini juga dapat memungkinkan pemilik mobil untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, mengetahui lokasi parkir kendaraan, dan lain sebagainya melalui smartphone pengguna.

Salah satu Inovasi fitur dan layanan penting yang ada di Hyundai Bluelink termasuk Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization. Ada pula fitur Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang menggunakan layanan parkir valet.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang