Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

Panduan Pembeli

4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

JAKARTA – Membeli mobil bekas memiliki keperluan berbeda dibanding mobil baru. Meski telah memilih dengan ketat, namun mobil bekas tetaplah mobil bekas yang harus diperiksa kondisinya sebelum digunakan.

Pemeriksaan tersebut harus dilakukan untuk memastikan mobil tetap memiliki perfoma terbaik saat digunakan. Lantas, apa saja yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cek Oli
Yang pertama harus dilakukan adalah mengecek kondisi oli. Jangan hanya memeriksa jumlahnya tapi juga kondisi oli. ‘Sehat’ tidaknya oli ditentukan dari warnanya.

Sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli meski pemilik sebelumnya atau penjual menginformasikan baru saja melakukan pergantian. Memang Anda butuh dana ekstra, namun jadi tahu kapan akan melakukan pergantian oli selanjutnya. Sesuaikan jenis oli yang akan digunakan dengan spesifikasi kendaraan dan dianjurkan untuk sekalian melakukan pergantian pada  filter oli.

Cek Aki
Selain bertanya dengan penjual kapan terakhir kali mengganti aki, Anda bisa segera mengunjungi bengkel terdekat untuk mengetahui kondisi terakhir dari aki tersebut.

JIka memiliki kondisi dibawah normal disarankan untuk melakukan pergantian. Gunakan aki kering, biar pun memiliki harga lebihh mahal dari aki basah, setidaknya Anda tidak perlu melakukan perawatan. Jika kondisi mesin khususnya alternator mobil Anda normal, umur aki bisa mencapai lebih dari 2 tahun.

Ganti minyak rem
Dengan langsung mengganti minyak rem maka ini akan menjadi patokan kapan Anda harus mengganti oli rem berikutnya. Jangan menganggap bahwa pemilik sebelumnya rajin mengganti minyak rem secara teratur.

Mengganti minyak rem juga sangat penting karena partikel debu dapat masuk ke dalam cairan rem.

Selain itu cek apakah ada kandungan air pada sistem rem Anda. Air dapat masuk ke sistem rem karena sealing yang kurang baik, kontaminasi udara karena iklim tropis membuat olu menyerap uap air lebih besar. Kondisi ini dapat mengurangi efektivitas sistem pengereman dan menyebabkan kecelakaan.

Periksa ban
Memeriksa ban merupakan langkah yang biasanya dilupakan oleh pembeli mobil bekas. Ingat, ban itu ada usianya dan harus diganti pada waktunya. Periksa kembali kembangnya apakah masih cukup atau sudah mulai gundul. Periksa kembali apakah ada bekas tambalan atau sebagainya. Jangan lupa untuk memeriksa usia masing-masing ban. Karena meski dipasang bersamaan, waktu produksi ban bisa saja berbeda. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang