32 Toyota Eco Gallery Diresmikan di Sekolah-Sekolah di Indonesia

Berita Otomotif

32 Toyota Eco Gallery Diresmikan di Sekolah-Sekolah di Indonesia

SURABAYA - PT Toyota Astra Motor (TAM) meresmikan 32 Toyota Eco Gallery di sekolah-sekolah di Indonesia dan secara simbolis dilakukan di SMAN 9 Surabaya.

Toyota Eco Gallery yang merupakan program CSR TAM, memberikan fasilitas pembelajaran ditunjang teknologi informasi dalam satu tempat terintegrasi dengan sekolah. Toyota Eco Gallery juga merupakan fasilitas percontohan dari program lomba berbasis lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat, Toyota Eco Youth. 

Program ini didukung fasilitas ruang meeting, multimedia, display reduce recycle, perpustakaan, ruang baca, jaringan internet dan zona musik. 


Wakil Presiden Direktut PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto berkomitmen untuk mengembangkan bisnis di Indonesia serta turut membangun lingkungan yang sehat. 

"Pembangunan Eco Gallery merupakan bentuk apresiasi Toyota atas partisipasi aktif dan keikutsertaan sekolah-sekolah dalam program Toyota Eco Youth selama ini. Dan akan mendorong generasi muda di Indonesia memiliki pemikiran positif sehingga bisa berkontribusi lebih kepada negara," jelas Henry Tanoto di SMAN 9 Surabaya.

Baca juga : Toyota Prediksi Mesin Konvensional akan Punah pada 2050

Ke-32 Toyota Eco Gallery sendiri dibangun dalam 3 tahapan dan didonasikan Toyota Indonesia untuk pembangunan fasilitas pembelajaran di sekitarnya.

Tahap pertama (2011) dimulai pembangunan fasilitas pembelajaran di 8 sekolah di Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Malang, Madiun, Gresik, Banjarmasin, hingga Manado.

Tahap kedua (2014) membangun fasilitas pembelajaran di 14 sekolah di Medan, Palembang, Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Mojokerto, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, dan Makassar.


Tahun ini, Eco Gallery dilanjutkan dengan pembangunan Toyota Eco Gallery di 10 sekolah di Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Blora, Surabaya, Ubud dan Denpasar.

Dikesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMAN 9 Surabaya Muhammad Sadeli mengatakan bahwa program peduli lingkungan seperti Toyota Eco Youth telah mengubah sekolah tidak hanya sebagai tempat belajar mengajar, tapi juga sebagai tempat memulai untuk mencintai lingkungan sejak dini.

"Kepedulian terhadap lingkungan di sekolah ini kemudian ditularkan ke lingkungan di sekitar sekolah, begitu seterusnya berjalan secara berkelanjutan," kata Sadeli.

Kehadiran Eco Gallery disambut sangat antusias oleh guru dan murid. Ruang khusus ini bisa dimanfaatkan  untuk beragam kegiatan sekolah seperti ekstrakulikuler dan juga OSIS.

"Fasilitas ini membuat semangat bagi kami dan siswa terutama dalam memaksimalkan motivasi untuk terus berkembang. Semoga Toyota terus melanjutkan program terbaik ini karena sangat mendukung dalam semua kegiatan sekolah yang berhubungan dengan lingkungan hidup, seni, sains dan lain sebagainya," jelas Khusnul Muktharijah guru pembina SMAN 9 Surabaya.


Para siswa juga tak bisa menutupi antusiasnya  akan kehadiran Toyota Eco Gallery. Karena tentunya bisa dengan mudah untuk menyalurkan  aspirasi dan minatnya.

"Beragam kegiatan bisa dilakukan di Eco Gallery seperti soal teori lingkungan, mensterilkan air dan lainnya. Ruang ini sendiri kita gunakan untuk teori ekskul Eco Songo dan juga ekskul lainnya juga osis," ujar Faris Feldani Juniar, siswa SMAN 9 Surabaya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support