3 Tips memilih Kaca Film Berkualitas

Panduan Pembeli

3 Tips memilih Kaca Film Berkualitas

JAKARTA – Kaca film memiliki beberapa fungsi seperti mereduksi panas, silau, mengurangi bahaya sinar ultraviolet. Beragam pilihan kaca film telah tersedia di pasaran, namun tidak banyak masyarakat paham kualitas kaca film yang digunakannya.

“Kualitas kaca film tidak bisa dilihat dari gelap dan terangnya saja, Kaca film berkualitas harus mampu memantulkan panas inframerah untuk perlindungan para penghuni kabin,” ungkap Lianto Winata V, Business Develpment Director, PT V-KOOL Indo Lestari.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Anto ini menjelaskan bahwa kaca film berkualitas harus bisa menolak sinar UV hingga 99% untuk melindungi interior dari pemudaran warna. Bagian terpenting dari kaca film menurutnya adalah kemampuan melindungi konsumen saat terjadi kecelakaan.

Artikel bersambung dibawah

“Sinar UV bisa merusak kualitas interior sehingga warnanya pudar. Maka dari itu gunakanlah produk kaca film yang bisa menolak sinar UV. Kaca film yang baik juga harus mampu melindungi penggunanya dan meminimalisir pecahan kaca saat kendaraan mengalami kecelakaan,” lanjutnya.

Pemilihan tingkat kegelapan kaca film sendiri harus diatur sehingga tidak mengurangi visibilitas pengemudi. Hal ini sangat berpengaruh pada saat berkendara pada malam hari jika menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal.

“Disarankan menggunakan kaca film di kaca depan tidak terlalu gelap, maksimal tingkat kegelapannya 40%. Sementara di bagian samping usahakan tidak melebihi 60% agar tingkat visibilitas kaca spion tetap jelas,” sambung Billy, Head of After Sales PT V-KOOL Indo Lestari.

Untuk kendaraan yang dilengkapi peranti sunroof atau panoramic roof, pemasangan kaca film memiliki cara khusus.

“Pada bagian ini, cara pemasangannya hampir sama dengan kaca depan. Biasanya kami memanaskannya terlebih dahulu agar kaca film menjadi fleksibel,” tutup Billy. [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support