26 Wakil Indonesia Meriahkan SEM ASIA 2017

Berita Otomotif

26 Wakil Indonesia Meriahkan SEM ASIA 2017

JAKARTA - Sebanyak 26 tim mahasiswa dari 19 perguruan tinggi di 8 provinsi akan mewakili Indonesia pada ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2017.

SEM Asia 2017 merupakan sebuah kompetisi bagi mahasiswa untuk menghasilkan berbagai gagasan dan inovasi mengenai kendaraan masa depan. Shell Eco-Marathon (SEM) Asia tahun ini akan digelar di Changi Exhibition Center, Singapura pada 16–19 Maret 2017 yang bertema festival ‘Make The Future Singapore 2017’.

Pada kompetisi ini mahasiswa dapat menunjukkan kreativitasnya dengan menciptakan kendaraan dengan tingkat efesiensi tinggi. Kompetisi ini diikuti oleh beberapa negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Kompetisi ini telah berlangsung selama 30 tahun di Eropa, sedangkan di Asia baru diadakan pada 2008. Indonesia telah mengikuti kompetisi ini sejak 2010 dan berhasil menorehkan berbagai prestasi.

Tahun lalu, tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berhasil menjadi runner-up SEM Asia di Manila. Tim ini juga berhasil menunjukkan kemampuannya dan berhasil menjadi juara di babak final SEM 2016 di London dengan mengalahkan ratusan peserta lain dari benua Eropa, Asia dan Amerika.

“Tahun lalu, wakil Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa. Kami berharap dapat mengulangi prestasi tersebut di tahun ini,” tutur Haviez Gautama, General Manager External Relations PT Shell Indonesia.

Pencapaian tersebut menjadi pemicu bagi ratusan mahasiswa di Indonesia. Antusiasme tersebut terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti kompetisi di tahun ini.

Total 36 tim telah lolos babak kualifikasi pertama, sedangkan 26 tim lolos babak kedua dan berhak mengikuti babak final di Singapura mendatang.

“Kami senang sekali melihat antusiasme yang semakin tinggi dari mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia di tahun ke-8 ini. Partisipasi ini menunjukkan luasnya sebaran dan konsistensi keterlibatan generasi muda Indonesia untuk secara langsung membantu dunia menghadapi tantangan energi masa depan. Di Shell kami mengampanyekan ‘Make The Future’ guna mendorong segala upaya untuk bersama-sama mengatasi tantangan energi dan bekerja untuk solusi energi yang lebih bersih di manapun kami berada, termasuk di Indonesia,” tutur Darwin Silalahi, Country Chairman dan Presiden Directur PT Shell Indonesia.

Selain SEM Asia 2017, festival ‘Make The Future Singapore 2017’ akan menghadirkan ‘Powering Progress Together Forum’ dengan mengusung tema ‘Cleaner Energy Moves Asia’. Forum ini akan menghadirkan lebih dari 100 pemikir strategis, anak-anak muda berbakat, perwakilan perusahaan, pemerintah dan masyarakat umum untuk mendiskusikan, beradu argumentasi dan mengkatalisasi berbagai kolaborasi lintas batas untuk mengatasi beragam tantangan energi masa depan. [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual