10 Fakta Menarik dalam Memproduksi Toyota Kijang Innova

Berita Otomotif

10 Fakta Menarik dalam Memproduksi Toyota Kijang Innova

KARAWANG – Memproduksi sebuah mobil tidaklah mudah. Salah sedikit, konsumen bisa kecewa dan Mobil123.com mengungkap fakta-fakta yang menarik untuk ketahui dalam memproduksi Toyota Kijang Innova.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pun mengajak Mobil123 dan puluhan blogger untuk melihat langsung produksi mobil khususnya all-new Kijang Innova di TMMIN Plant 1 Karawang. Dan berikut adalah 10 fakta manarik yang harus diketahui dalam memproduksi mobil legenda tersebut.

  1. Diperlukan 370 kg baja untuk membuat mobil. Baja tersebut dicetak pada proses stamping sehingga menciptakan bentuk yang dibutuhkan.
  2. Dalam proses Stamping, ada 15 robot yang digunakan. Penggunaan robot digunakan karena proses ini membutuhkan tingkat presisi yang tinggi, meningkatkan kecepatan dan mengurasi resiko terjadinya kecelakaan kerja.
  3. Dalam proses welding (pengelasan) sedikitnya ada 440 part yang disatukan.
  4. Dibutuhkan 3.400 titik pengelasan dan 6 km arc welding (pengelasan memanjang) untuk satu kendaraan.
  5. Dalam proses welding, ada sekitar 26 robot yang dilibatkan.
  6. Diperlukan 13 liter cat untuk satu unit mobil. Cat tersebut terdiri dari cat anti karat sebanyak 8,5 liter, cat primer 1 liter, cat top coat 2 liter dan cat clear 1,5 liter.
  7. Dalam proses painting ada 24 robot yang terlibat. Khusus untuk TMMIN Plant 1 Karawang, ada sembilan warna yang bisa digunakan.
  8. Dalam proses assembling, ada sedikitnya ada 2.500 part yang harus dipasangkan. Jumlah tersebut termasuk 1.400 baut.
  9. Ada 3.900 titik pengecekan saat final check. Pengecekan tersebut terdiri dari 1.300 titik untuk appearance, 1100 titik pengecekan untuk fungtion, dan 1500 sampling check.
  10. Total dibutuhkan waktu 22 jam untuk membuat 1 unit Kijang Innova dari 0. Waktu tersebut terdiri dari stamping 4 jam, Welding 4 jam, Painting 8 jam dan final chek 4 jam.

TMMIN Plat 1 Karawang adalah pabrik Toyota yang sudah beroperasi sejak tahun 1998. Pabrik tersebut memproduksi Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner baik untuk keperluan domestik maupun keperluan ekspor. Pabrik ini mampu memproduksi sebanyak 130.000 unit mobil per tahun. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual