Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

10 Benda Penting yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Tenang Selama Perjalanan

Panduan Pembeli

10 Benda Penting yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Tenang Selama Perjalanan

Selama berkendara, kita seringkali membutuhkan beberapa perlengkapan tambahan. Biasanya barang-barang seperti ini tidak selalu disediakan sebagai fitur atau kelengkapan standar di mobil. Perlengkapan ini bermanfaat untuk banyak hal, mulai dari kenyamanan, keamanan, hingga kesehatan saat berkendara.

Kenapa bisa begitu? Ini karena aktivitas berkendara termasuk aktivitas yang menguras energi. Walau kelihatannya sepele, tapi kenyataannya kita dituntut harus terus fokus selama di balik kemudi sehingga butuh suasana yang aman dan nyaman. Selain itu, perlengkapan berkendara juga diperlukan saat kondisi darurat.

Perlengkapan ini juga akan dibutuhkan sewaktu-waktu menghadapi peristiwa yang tidak diinginkan saat di jalan. Mulai dari ban kempes, mobil kehabisan aki, atau masalah serius seperti anggota keluarga yang sakit atau terluka. 

Berikut ini perlengkapan yang perlu kalian sediakan di mobil untuk kebutuhan selama berkendara. Simak poin pentingnya berikut ini.

1. Dash Cam, Kian Penting Untuk Penunjang Keamanan Berkendara

Barang-barang Penunjang Berkendara yang Wajib Ada di Mobil, Bikin Nyaman Perjalananmu 02Memiliki dashcam di mobil Anda kini jadi kian penting untuk keamanan selama berkendara. Dashcam berfungsi alat bukti jika Anda terlibat atau menjadi saksi peristiwa selama berkendara.

Beberapa perusahaan asuransi di luar negeri menawarkan diskon untuk mobil yang dipasangi dashcam. Sayangnya tidak ada hal seperti itu di Indonesia, walaupun sebenarnya penting dan dibutuhkan. 

Untungnya dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak mobil yang dijual sekarang datang dengan dashcam built-in seperti misalnya Suzuki XL7.  Apabila mobil kalian belum atau tidak mendapat fitur dashcam bawaan, tak ada salahnya membeli produk aftermarket. 

Kini semakin banyak produk dashcam dengan kualitas perekaman yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Ban Serep dan Dongkrak, hingga Repair Kit Untuk Ban RFT

Cara Merawat Ban Serep Mobil Ketika #DiRumahAja | PT. Toyota Astra Motor |  Mobil Terbaik Keluarga Indonesia

Perlu diketahui, ban cadangan dan peralatan perbaikan roda lainnya, termasuk dongkrak, diwajibkan dalam Undang-Undang. Baik repair kit atau ban serep dan dongkraknya sama-sama jadi bagian yang penting untuk tetap ada di mobil.

Ban serep dapat digunakan sebagai ban pengganti yang pecah atau pun kempes. Untuk mengganti ban yang bermasalah, Anda membutuhkan dongkrak dan kunci roda.

Untuk kamu yang masih memakai ban biasa, pastikan agar kondisi ban serep tidak kurang angin dan siap pakai. Jangan lupa, periksa kondisi dongkrak agar tidak macet saat digunakan. 

3. Segitiga Pengaman

Walau terlihat sepele, perlengkapan ini ternyata punya fungsi penting bahkan diwajibkan dalam Undang-Undang. Ketika mobil mogok atau mengalami kecelakaan, segitiga pengaman menjadi sinyal bagi pengguna jalan lainnya.

Disarankan agar memiliki sepasang segitiga pengaman. Alat ini bisa diletakkan di depan dan belakang mobil tergantung bagaimana situasi lalu lintas di tempat mobil berhenti darurat. 

4. Kabel  Jumper Aki Mobil

Demi Keamanan, Ini 10 Perlengkapan Mobil yang Wajib Dimiliki!

Barang yang tidak kalah penting dan wajib ada di setiap mobil adalah jumper aki mobil. Kabel jumper dapat menjadi pertolongan pertama saat aki kendaraan mengalami kekurangan daya listrik atau biasa disebut aki tekor.

Kita bisa meminta bantuan mobil lain untuk  ‘mengangkat’ aki yang tekor serta menyalakan mobil mogok tersebut dengan kabel jumper. 

5.  Kotak P3K dan Obat-obatan

Dimana Sebaiknya Menaruh Perlengkapan P3K di Mobil? : Okezone OtomotifKotak P3K dengan isi yang komplit merupakan hal yang penting dan harus selalu tersedia di mobil. Hal ini disebabkan karena Anda tidak pernah tahu kejadian apa yang akan menimpa ketika di perjalanan. Kebutuhan medis yang perlu tersedia dalam kotak P3K, di antaranya Band-Aids, obat antiseptik, alkohol, pembalut kasa, gunting, dan sarung tangan.

Kotak P3K juga bisa digunakan menyimpan obat-obatan yang sering diperlukan saat perjalanan jarak jauh, semisal obat sakit kepala, obat sakit perut, balsem, dan sebagainya. Anda mungkin memerlukan obat saat berkendara, entah sakit kepala hingga luka fisik yang memerlukan perban. 

6. Alat Pemadam Api Ringan

Jenis APAR Untuk Mobil Agar Berkendara Aman – Honda Bintang Madiun

Untuk mobil keluaran terbaru biasanya sudah menyediakan APAR yang jadi standar bawaan pabrik. Namun untuk mobil lawas sebaiknya siapkan APAR dan disimpan di tempat yang mudah dijangkau. 

Alasannya jelas, dalam sebuah mobil terdapat banyak komponen yang bisa mematik kebakaran, mulai dari kabel gas, bahan bakar, dan listrik.  Jika Anda mengemudi dan mencium bau terbakar, segeralah menepi lalu matikan mesin mobil. Segera padamkan api sebelum membesar.

7. Kunci Ring Pas Set

Rekomendasi yang selanjutnya untuk peralatan mobil yang wajib dibawa di dalam mobil adalah kunci ring pas set. Kunci set memiliki ukuran mulai dari kunci 8 hingga kunci 32 mm yang akan cukup berfungsi dalam segala kondisi dan wajib berada di dalam mobil.

Alat ini memiliki banyak fungsi terutama saat kondisi mobil tiba-tiba mengalami masalah sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk melakukan perbaikan ringan. Misalnya ada suara bising yang ternyata dari baut atau mur yang kendur, bisa dikencangkan dengan kunci ring pas set ini. 

8. Kabel USB

Awas, Jangan Ngecharge Handphone di Lighter Mobil - Panduan Pembeli |  Mobil123

Saat ini penggunaan gadget semakin vital dan jadi andalan saat berkendara ketika kita memakai fitur GPS. Pemakaian GPS beserta banyak fitur lain di saat bersamaan bakal cepat menguras baterai ponsel. Bila di mobil belum terdapat wireless charging, maka kita butuh kabel USB dan lighter charger.

Kedua alat ini dapat memudahkan kamu yang perlu mengisi ulang melalui kabel USB dan menyambungkannya ke perangkat lighter di mobil.

9. Memasang Tirai dan Sun Screen, Wajib Ada Untuk Penghalang Panas

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil?  | AutoFun

Tidak bisa dipungkiri kalau beberapa kota di Indonesia benar-benar panas di siang hari.  Namun kondisi yang lebih panas adalah saar kabin mobil saat diparkir di bawah sinar matahari langsung.  

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan plastik interior memudar dan jok kulit mengering sampai retak. Jadi sangat direkomendasikan untuk menggunakan tirai dan sun screen di kaca depan setiap kali kamu harus memarkir mobil di tempat terbuka. 

Biasanya, di mobil mewah biasanya sudah tersedia tirai bawaan yang berfungsi dengan baik menghalau panas. Tirai baik itu genuine atau aftermarket juga bisa membantu menghalau panas, bahkan bisa diaplikasikan oleh penumpang saat mobil sedang dikendarai. 

Kini sudah banyak tirai dengan magnet yang mudah dibuka tutup secara praktis dan turut mempercantik interior mobil.

10. Air Kemasan, Wajib Dibawa Saat Berkendara

BAHAYA MENARUH AIR MINERAL KEMASAN DI KABIN MOBIL SUZUKI CIANJUR

Untuk perlengkapan yang satu ini kadang sering diabaikan, padahal penting untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kondisi iklim di Indonesia yang panas di siang hari membuat tubuh kita rentan terhadap dehidrasi di jalan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengemudi sambil dehidrasi bisa sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk. Untuk itu kamu setidaknya menyiapkan air minum dalam kemasan ukuran 500-750 mililiter setiap perjalanan berangkat atau pulang kerja. 

Sebagai catatan, kalian jangan pernah meninggalkan botol air plastik sekali pakai di dalam mobil yang akan ditinggal parkir cukup lama. Botol plastik sangat sensitif terhadap panas dan dapat melepaskan zat berbahaya ke dalam cairan didalamnya.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang