Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mau Berbelok? Coba Pakai Cara Ini

Panduan Pembeli

Mau Berbelok? Coba Pakai Cara Ini

JAKARTA - Jika Anda terbiasa mengemudi, bagaimana sih cara memutar setir dengan baik ketika berbelok?

TH Nugroho Respati, Instruktur Rifat Drive Labs mengatakan bahwa teknik berbelok yang baik ada 2.

”Pertama adalah teknik hand over dan kedua adalah Pull and Push. Kedua teknik ini adalah yang dianggap paling aman digunakan ketika berkendara, tapi cukup jarang digunakan mengingat kebiasaan mengemudi seseorang berbeda-beda,” ungkapnya.

Lantas, apa itu teknik hand over?

“Teknik Hand Over atau tangan menyilang adalah teknik berbelok yang membiarkan tangan menyilang diantara jam 9-3,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa teknik ini dianggap aman karena selain manuver mobil terjaga, tangan pun tetap berada di lingakr kemudi.

Teknik kedua adalah Pull and Push. Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa ini teknik tarik dan dorong. Teknik ini membuat pengemudi untuk menarik satu sisi lingkar kemudi dan mendorong sisi lainnya untuk membuat kendaraan berbelok.

“Jika berbelok ke kanan, maka tangan kiri mendorong lingkar kemudi ke atas dan tangan kanan menarik ke bawah sisi sebelahnya,” tambahnya.

Lantas bagaimana dengan teknik lainnya?

“Teknik lain selain kedua teknik tersebut dianggap tidak aman. Misal teknik berbelok 1 tangan yang hanya menekan lingkar kemudi, meski itu banyak yang melakukan, namun sangat tidak disarankan,” tutupnya.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang