Volvo Trucks Uji Truk Otonom

Berita Otomotif

Volvo Trucks Uji Truk Otonom

KRISTINEBERG - Sama seperti pabrikan kendaraan penumpang, Volvo Trucks juga tengah sibuk dalam mengembangkan self-driving technology atau kendaraan tanpa awak.

Baru-baru ini pabrikan kendaraan berat asal Swedia ini berhasil menggembangkannya pada chasis FMX mereka. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya membuat kendaraan besar dapat masuk ke dalam terowongan untuk membantu pekerjaan tanpa dikendarai secara manual. Ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan autonomus vehicle.

Volvo’s self-driving technology mengandalkan 6 radar dan sensor berbasis sensor. Secara simultan akan memindai kondisi jalan khususnya dinding terowongan yang ingin dilalui. Dari sini akan tergambar suasana terowongan di sekitar truk. Kemudian membentuk peta dan data yang kemudian digunakan untuk menuntun gerak setir, pedal gas serta transmisi bekerja.

Volvo Trucks percaya ini akan menjadi babak baru dalam perkembangan kendaraan berat seperti yang bermain di area pertambangan. Dan mengklaim bahwa dengan teknologi ini alur kerja akan semakin baik, kecepatan dapat diatur sedemikian rupa yang berujung pada penghematan BBM.

Tak lupa dengan tidak adanya pengemudi atau penumpang dalam truk, resiko fatal pada pekerja tentunya berkurang jauh.

Dalam video tampak ruang terowongan minimal dan truk dapat berjalan dengan akurasi tinggi yang membuatnya lolos dari segala rintangan. FMX dump truck masuk kedalam tambang Boliden di Kristineberg Swedia. Masuk diantara zona ledakan di bawah tanah sekitar 1.000 meter.

“Ini adalah pertama kalinya autonomus truck diuji dalam operasi rutin bawah tanah. Hasilnya dapat memberikan masukan berharga untuk misi selanjutnya. Kami berharap terobosan ini ke depan akan memberikan nilai plus bagi para pelanggan kami,” jelas Claes Nilsson, Presiden Volvo Trucks.

Untuk diketahui, sebelumnya Volvo Trucks telah menawarkan beragam teknologi yang memberikan kemudahan bagi para pengemudi. Diataranya adalah adaptive cruise control dan juga automatic emergency braking. [Ari]

.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support