Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Viar Motor Indonesia Kembangkan Motor Niaga Bertenaga Listrik

Berita Otomotif

Viar Motor Indonesia Kembangkan Motor Niaga Bertenaga Listrik

BOGOR - PT Triangle Motorindo (TM) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga.

Kendaraan penumpang yang mengunakan sumber daya motor listrik ini menggunakan spesifikasi dari motor niaga roda tiga yakni Viar Karya. Motor ini akan diriset ulang oleh IPB menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang.

Proses pengembangan kendaraan penumpang ini dipimpin oleh Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB yang akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik karyanya sendiril. Total 5 unit kendaraan roda tiga yang akan dijadikan proyek uji coba sebagai kendaraan operasional di lingkungan kampus dan akan terus bertambah dengan target awal sebanyak 30 unit roda tiga.

“Sejak tahun 2015 IPB telah mencanangkan program Green Transportation di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi kami mengurangi tingkat polusi akibat gas buang kendaraan. Sebagai langkah awal kami telah mengajak dosen maupun staff kampus menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus sekaligus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lain,” tutur Prof Dr. Herry Suhardiyanto selaku Rektor IPB.

Motor Niaga Listrik Viar

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Institut Pertanian Bogor dan Dr. Desrial atas kerjasama yang telah terjalin bersama dengan Viar Motor. Kami harap kerjasama ini dapat membangkitkan semangat Institusi Pendidikan untuk menghasilkan hasil karya terbaiknya untuk masyarakat Indonesia,” tutur Ignatius Kartiman, Presiden Direktur PT Triangle Motorindo.

Mengenai perkembangan kendaraan listrik kedepannya, PT Triangle Motorindo sangat mengharapkan adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Pusat, Kemenristek serta Kementrian Perhubungan. PT Triangle Motorindo sendiri telah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung program Pemerintah seperti yang tertuang dalam Perpres nomor 22 tahun 2017. [Amo/Ari]

Baca Juga: Limbah Baterai Viar Q1 Jadi Sumber Tenaga Lampu Jalan



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang