Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Yaris Cross untuk Indonesia Beda dengan Versi Eropa dan Jepang

Berita Otomotif

Toyota Yaris Cross untuk Indonesia Beda dengan Versi Eropa dan Jepang

JAKARTA – Toyota Yaris Cross yang diperkenalkan di Indonesia tidak sama dengan yang sudah dijual di Eropa atau pun Jepang.

Toyota mengintroduksi Yaris Cross di Tanah Air pada Senin (15/5/2023), sebelum mulai diproduksi lokal dan dijual dalam waktu yang masih dirahasiakan.

Meski sudah ada model bernama sama di luar negeri, perkenalan produk hari ini bertajuk world premiere alias debut global.

Sebabnya, menurut Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, adalah model yang dijual di Indonesia memang memiliki beragam perbedaan dengan yang ada di Jepang atau Eropa.

Interior Toyota Yaris Cross

“Yaris Cross yang diperkenalkan hari ini memang dirancang, ditujukan, dan didesain salah satunya untuk pasar Indonesia. Pasar Asia juga,” ungkap Anton usai seremoni perkenalan.

Perbedaannya yang disebutkan antara lain adalah platform. Dia mengakui kalau Yaris Cross buatan Indonesia akan berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sedangkan yang ada di Eropa maupun Jepang berplatform TNGA (Toyota New Global Architecture).

“Tapi, ya, DNGA dan TNGA itu, kan, adalah pakem bahasa internal. Buat konsumen, ini adalah produk Toyota, ya. Jadi, saya rasa itu yang paling penting,” pungkas Anton.

Diferensiasi selanjutnya ialah dapur pacu. Meski sama-sama berkapasitas 1.5-liter, mesin Yaris Cross produksi lokal berkode 2NR-VE (bensin) atau 2NR-VE (hybrid).

Sektor-sektor yang berbeda lainnya terkait dengan styling (detail desain—Red), fitur, maupun dimensi.

Toyota Yaris Cross, Panoramic Sunroof

“Berdasarkan dari survei kami, memang kebutuhan masyarakat dari sisi styling, fitur, dan dimensinya bisa dilihat berbeda. Jadi, oleh karena itu, kami merasa memang butuh Yaris Cross yang seperti ini yang berbeda dengan di negara-negara lain,” papar Anton.

Yaris Cross untuk pasar Indonesia akan dijual di harga Rp300-400 juta-an. Ada dua varian (G dan S) yang terbagi lagi menjadi tiga tipe. Salah satunya adalah tipe GR.

Daftar fitur Yaris Cross yang disebar di tiga tipenya antara lain rem ABS+EBD+BA, enam airbag, Electric Parking Brake with Auto Brake Hold, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, T-Intouch.

Masih ada lagi Panoramic Glass Roof with Power Sunshade, Panoramic View Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Ambient Illumination Lamp, Wireless Charger, Toyota Safety Sense, Power Backdoor with Kick Sensor, Electric Adjustable Seat, Head Unit 10,1 Inch with Smartphone Connectivity, EV Driving Mode and Eco Driving Mode pada Yaris Cross. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang