Toyota Sienta Bakal Gerus Penjualan Veloz

Berita Otomotif

Toyota Sienta Bakal Gerus Penjualan Veloz

JAKARTA – Kedatangan Toyota Sienta langsung menarik perhatian. Ada kemungkinan, Sienta bakal menggerus pasar saudaranya sendiri, Toyota Veloz.

Toyota Sienta memang dihadirkan pada segmen harga yang kosong antara Toyota Kijang Innova tipe G M/T (terendah) dengan Toyota Veloz 1.5 A/T (tertinggi). Berdasarkan website resmi Toyota, Toyota Kijang Innova tipe G M/T dijual dengan harga Rp 285,4 juta sementara Toyota Veloz 1.5 A/T dibanderol Rp 230,5 juta.

Sedangkan Toyota Sienta, meski masih belum ada harga yang resmi, namun Toyota memastikan harga Toyota Sienta akan berada dikisaran Rp 230 juta hingga Rp 295 juta. Harga ini dianggap dapat membuat konsumen mengalihkan perhatian pasar Innova dan Veloz.

Artikel bersambung dibawah

“Untuk di Jakarta kami sadar bahwa ada beberapa konsumen Veloz yang akhirnya tertarik dengan Sienta. Tapi kami yakin secara nasional tetap ada segmennya sendiri antara Sienta dengan Veloz. Sebab ini memang 2 produk yang benar-benar berbeda. Jadi kami rasa kalaupun ada kanibalisme, secara total penjualan kita tetap akan meningkat,” ungkap Anton Jimmy Suwandi, Marketing Division Head PT Toyota Astra Motor.

Sementara itu, meski pihaknya belum mendapatkan informasi bahwa pasar Toyota Innova tipe G M/T tersedot oleh Sienta, namun Anton memperkirakan hal tersebut akan terjadi.

“Kemungkinan itu ada karena Kijang Innova start dari tipe G, sementara tipe E yang kami hentikan produksinya sudah diisi oleh Sienta. Nah, apakah Sienta juga bisa mengambil alih pasar tipe G itu yang belum ada datanya. Tapi tetap ada kemungkinan (pasar beralih),” tambahnya.

Sementara jika dibandingkan dengan Toyota Rush yang memiliki kapasitas dan harga yang mirip, namun Ia menegaskan kanibalisme terjadi di segmen ini justru jauh lebih kecil.

“Kalau Toyota Rush terlalu jauh perbandingannya. Meski sama-sama 7-seater, produknya jauh berbeda. Bahkan meski kompetitor hadir dengan SUV Crossover 7-seater, volume penjualan Toyota Rush tetap baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia yakin bahwa konsumen Indonesia dalam membeli mobiol tidak hanya akan melihat dari 1 faktor saja namun berbagai faktor. 

“Konsumenkan membeli mobil tidak hanya dari harga tapi juga melihat fungsi dan kebutuhan mereka,” pungkasnya. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual