Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Sienta Bakal Gerus Penjualan Veloz

Berita Otomotif

Toyota Sienta Bakal Gerus Penjualan Veloz

JAKARTA – Kedatangan Toyota Sienta langsung menarik perhatian. Ada kemungkinan, Sienta bakal menggerus pasar saudaranya sendiri, Toyota Veloz.

Toyota Sienta memang dihadirkan pada segmen harga yang kosong antara Toyota Kijang Innova tipe G M/T (terendah) dengan Toyota Veloz 1.5 A/T (tertinggi). Berdasarkan website resmi Toyota, Toyota Kijang Innova tipe G M/T dijual dengan harga Rp 285,4 juta sementara Toyota Veloz 1.5 A/T dibanderol Rp 230,5 juta.

Sedangkan Toyota Sienta, meski masih belum ada harga yang resmi, namun Toyota memastikan harga Toyota Sienta akan berada dikisaran Rp 230 juta hingga Rp 295 juta. Harga ini dianggap dapat membuat konsumen mengalihkan perhatian pasar Innova dan Veloz.

“Untuk di Jakarta kami sadar bahwa ada beberapa konsumen Veloz yang akhirnya tertarik dengan Sienta. Tapi kami yakin secara nasional tetap ada segmennya sendiri antara Sienta dengan Veloz. Sebab ini memang 2 produk yang benar-benar berbeda. Jadi kami rasa kalaupun ada kanibalisme, secara total penjualan kita tetap akan meningkat,” ungkap Anton Jimmy Suwandi, Marketing Division Head PT Toyota Astra Motor.

Sementara itu, meski pihaknya belum mendapatkan informasi bahwa pasar Toyota Innova tipe G M/T tersedot oleh Sienta, namun Anton memperkirakan hal tersebut akan terjadi.

“Kemungkinan itu ada karena Kijang Innova start dari tipe G, sementara tipe E yang kami hentikan produksinya sudah diisi oleh Sienta. Nah, apakah Sienta juga bisa mengambil alih pasar tipe G itu yang belum ada datanya. Tapi tetap ada kemungkinan (pasar beralih),” tambahnya.

Sementara jika dibandingkan dengan Toyota Rush yang memiliki kapasitas dan harga yang mirip, namun Ia menegaskan kanibalisme terjadi di segmen ini justru jauh lebih kecil.

“Kalau Toyota Rush terlalu jauh perbandingannya. Meski sama-sama 7-seater, produknya jauh berbeda. Bahkan meski kompetitor hadir dengan SUV Crossover 7-seater, volume penjualan Toyota Rush tetap baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia yakin bahwa konsumen Indonesia dalam membeli mobiol tidak hanya akan melihat dari 1 faktor saja namun berbagai faktor. 

“Konsumenkan membeli mobil tidak hanya dari harga tapi juga melihat fungsi dan kebutuhan mereka,” pungkasnya. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang