Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Avanza-Veloz Kuasai 41% Pasar MPV Rp200 Juta-an! Apa Sebabnya?

Berita Otomotif

Toyota Avanza-Veloz Kuasai 41% Pasar MPV Rp200 Juta-an! Apa Sebabnya?

JAKARTA – Toyota Avanza serta Toyota Veloz kini menguasai hampir separuh pasar multi purpose vehicle (MPV) Rp200 juta-an yang disebut low MPV (LMPV).

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengklaim pangsa pasar Avanza-Veloz sekarang sekitar 41 persen di segmen LMPV. Adapun transaksi jual-beli keduanya rata-rata 6.000 unit per bulan.

“Kira-kira 17 persennya Veloz. Sisanya Avanza,” kata dia usai Media Test Drive Veloz, 30 Juni 2022 kemarin di Jakarta.

Sekadar mengingatkan, Avanza-Veloz terkini merupakan generasi baru yang mengaspal pada November 2021. Veloz, yang sejak 2011 merupakan varian termewah dari Avanza, mulai tahun lalu menjadi sebuah model tersendiri yang lebih mewah serta lebih canggih.

“Kalau dibandingkan dengan model sebelumnya, komposisi Veloz itu 10-12 persen,” pungkas Anton.

Pemisahan model inilah yang membuat duet tersebut lebih menguasai pasar LMPV. Anton mencontohkan situasi 2019, ketika Avanza-Veloz masih merupakan satu model yang sama.

“Pada 2019 yang kita anggap masa normal (sebelum pandemi Covid-19—Red), pangsa pasarnya paling-paling 32-33 persen di LMPV. Sekarang naik menjadi 41 persen. Di dalamnya itu, (volume) Veloz naik, Avanza juga,” papar dia.

Toyota Safety Sense pada Avanza-Veloz

Salah satu teknologi canggih yang ada pada Avanza maupun Veloz ialah Toyota Safety Sense (TSS).

Teknologi bantuan pengemudian aktif ini terdiri dari fitur Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Front Departure Alert.

Pada Avanza, TSS mulai terdapat pada tipe tertinggi yakni G CVT TSS. Pada Veloz pun, TSS hanya bisa ditemukan pada tipe tertinggi, Q CVT TSS.

Anton menjelaskan komposisi tipe berteknologi TSS terhadap penjualan Veloz mencapai 35 persen. Sementara, pada Avanza, komposisinya masih terbilang minim.

“Kalau Avanza masih belum terbilang tinggi. Masih di bawah 10 persen,” tandasnya.

Kontribusi tipe yang memiliki TSS pada Veloz jauh melebihi perkiraan awal Toyota.

“Jujur, waktu kami melakukan perencanaan, angka adopsi TSS di Raize dan Veloz itu jauh lebih kecil. Dulu kami perkirakan paling-paling 10-15 persen. Sekarang lebih tinggi dari itu,” aku Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Toyota <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang