Tips Memilih Pelumas Mesin yang Benar

Panduan Pembeli

Tips Memilih Pelumas Mesin yang Benar

JAKARTA - Anda perlu mengenali sedikit tentang spesifikasi oli mesin agar tidak menemukan masalah saat menentukan jenis pelumas untuk mobil kesayangan.

 Dengan berkembangnya teknologi kendaraan bermotor, wajar apabila masih banyak masyarakat merasa kebingungan dalam memilih pelumas mesin terbaik bagi kendaraan miliknya.

Di era modern saat ini, berbagai produsen pelumas telah menghadirkan berbagai produk andalannya. Mulai dari pelumas mesin dengan tingkat kekentalan tinggi hingga rendah atau encer.

Beragam pelumas mesin tersebut dihadirkan guna menjawab kebutuhan mobil-mobil modern yang memiliki mesin sangat presisi. Bagi Anda yang memiliki mobil-mobil modern, harus lebih teliti dalam memilih pelumas atau oli mesin terbaik.

Jika oli mesin yang Anda pilih tidak sesuai dengan kebutuhan mobil, maka Anda jangan terkejut apabila terjadi berbagai masalah pada kendaraan. Sebelum memilih, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini yang ada pada pelumas mesin.

  1. Jenis Aplikasi Pelumas
    Anda harus mengetahui pelumas mesin tersebut untuk kendaraan roda dua atau roda empat. Pelumas mesin terdiri dari 3 varian yaitu mineral, semi sintetis dan sintetis
  2. Viskositas atau Tingkat Kekentalan
    Anda harus mengetahui tingkat kekentalan yang diperlukan oleh kendaraan.
  3. Spesifikasi Kinerja Pelumas
    Mesin diesel dan bensin membutuhkan pelumas yang berbeda, jangan sampai Anda salah memilih. Setiap oli mesin berkualitas akan memiliki beberapa label seperti SAE, ISO, API dan ACEA.
  4. Approval atau Spesifikasi Pembuatan Mesin
    Beberapa pelumas mesin telah dikembangkan khusus bersama dengan pabrikan mobil sehingga dipastikan sesuai dengan spesifikasi mobil atau motor.
  5. Klaim Teknologi
    Perhatikan teknologi apa saja yang ada pada pelumas mesin tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah mengenal fitur-fitur tersebut, Anda disarankan untuk memilih pelumas sesuai dengan spesifikasi pembuat mesin, kondisi atau tantangan kerja mesin dan keaslian pelumas. Cara paling mudah yaitu membaca buku manual yang telah disediakan oleh pabrikan mobil.

Jika pelumas mesin kurang tepat, wajar apabila mesin pada kendaraan Anda akan sering bermasalah. [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual