Tiga Fitur Keselamatan Masa Depan Toyota di Indonesia

Berita Otomotif

Tiga Fitur Keselamatan Masa Depan Toyota di Indonesia

JAKARTA – Teknologi terus berkembang, masyarakat selalu menuntut fitur keselamatan yang paling canggih dalam kendaraan dan kemudian Toyota meresponnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyadari pentingnya keselamatan bagi pengendara, penumpang maupun pengguna jalan lain. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumennya, brand asal Jepang tersebut terus mengembangkan standar keselamatan produk-produknya.

Standar keselamatan di setiap negara sendiri berbeda-beda. Di Indonesia, sesuai dengan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 57 ayat 3 menyatakan pemerintah hanya mewajibkan penggunaan sabuk pengaman.

Artikel bersambung dibawah

Sedangkan di luar sana telah banyak ditemukan sistem yang berkaitan dengan keselamatan yang bisa ditambahkan. Gandhi Ahimsaputra selaku Head Product Knowledge Toyota mengatakan setidaknya ada tiga fitur yang memungkinkan untuk diterapkan di Tanah Air.

“Melihat fitur yang sudah diterapkan di Lexus seperti Automatic High Beam, Lane Departure Alert (LDA) dan Blind Spot Warning mungkin saja disematkan pada produk-produk Toyota,” ujar Gandhi melalui sambungan telepon (30/03/17).

Menurutnya, ketiga fitur tersebut membantu konsumen dalam berkendara di berbagai kondisi jalan. Teknologi tersebut berguna sebagai langkah antisipatif Toyota guna memaksimalkan keselamatan pada kendaraan yang di produksi.

Automatic High Beam pada Toyota berfungsi untuk menambah jarak pandang lebih luas ke jalan. Fitur ini tentunya sangat berguna ketika berkendara pada malam hari. Pengendara dapat mencegah terjadinya tabrakan dengan pejalan kaki maupun benda lain yang sulit terlihat pada malam hari.

Fitur ini hanya berfungsi dalam kondisi kendaraan bergerak 30 km/jam atau lebih. Dapat digunakan pada beberapa kondisi seperti area jalan di depan sangat gelap, tidak ada cahaya dari lampu mobil dari arah berlawanan, tidak ada cahaya dari lampu belakang kendaraan, tidak ada lampu yang sangat terang dari depan seperti lampu jalan.

Lane Departure Alert yang dikembangkan Toyota adalah fitur untuk mendeteksi adanya gangguan konsentrasi pada pengendara. Sistem ini akan memberi peringatan pada pengendara ketika secara tidak sadar telah berpindah lajur.

Jika kendaraan berpindah lajur tanpa menggunakan lampu sein, maka sistem ini akan memberika peringatan pada pengemudi berupa suara dan getaran. Hal ini kerap dialami oleh pengendara yang mengalami rasa kantuk.

Blind Spot Warning juga merupakan salah satu fitur yang membantu pengendara. Teknologi ini membantu pengemudi untuk mengetahui letak kendaraan lain yang tidak terjangkau dari kaca spion samping.

Adanya blind spot pada kaca spion samping bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan. Dengan fitur ini, konsumen lebih nyaman ketika hendak berpindah lajur ataupun berbelok. Selain ketiga fitur di atas, konsumen Toyota di Tanah Air juga telah bisa menikmati fitur keselamatan yang cukup membantu seperti corner sensor. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual