Test Drive Daihatsu Sirion 2016

Review

Test Drive Daihatsu Sirion 2016

JAKARTA – Pertengahan Januari 2015, kita dikejutkan oleh kehadiran new Perodua Myvi 2016 dengan wajah lebih agresif. Kami sudah duga bahwa penyegaran tersebut akan diikuti oleh Daihatsu Sirion – yang memang merupakan saudara kembarnya – di Indonesia.

Sebulan berselang, tepatnya 14 Februari 2015, akhirnya new Daihatsu Sirion 2016 diluncurkan untuk pasar Indonesia. Wajah new Sirion sama seperti new Myvi.

Ini memang bukan pergantian generasi, alias sekedar ‘operasi plastik’ setelah beredar Juli 2011. Sirion sendiri pertama kali diniagakan di Indonesia pada 2007.

Daihatsu menghadiahi hatchback-nya ini dengan grille heksagonal besar serta bumper depan baru dengan LED position lamp. Side body kit, roda berdesain baru, spoiler buritan serta muffler cutter menegaskan kesan sporty.

Bagian bokong new Sirion turut diseksikan dengan bumper dipahat ulang dengan reflektor dan diffuser, serta lampu kombinasi LED.

Setelah puas mengamati pengubahan eksterior Sirion, kami pun masuk ke dalam kabin. Dashboard-nya terasa lebih modern dengan redesain sistem audio 2 DIN yang bisa memutar Radio/CD/MP3, dan konektivitas USB/Aux dan Bluetooth.

Sebagai seorang pengemudi, Anda akan dimudahkan dalam mengatur suara audio, gelombang radio, serta track musik, berkat audio steering switch.

Layar multi-info baru menayangkan beberapa informasi seperti jarak jelajah, konsumsi BBM.

Kami terkesan dengan hadirnya baki di bawah jok depan, hook (cantolan) tas di bagian samping jok depan, satu kompartemen di dekat setir untuk menyimpan beberapa barang, serta cup holder di dekat kemudi.

Baiklah, setelah kami duduk di kursi pengemudi, new Sirion bermesin K3-V 1.3-liter, 4-silinder, DOHC, VVT-i, dan bertransmisi otomatis 4-speed, digelindingkan keluar markas Mobil123 di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kami merasakan karakter suspensi MacPherson Struts dengan per keong dan stabilizer (depan) dan Torsion beam dengan per keong (belakang) terasa agak rigid. Karakter ini akan semakin terasa saat Anda melewati lintasan tidak rata atau pita kejut. Namun, positifnya, saat di kecepatan tinggi mobil terasa lebih ‘mantap’.

Untuk bermanuver pun tidak sulit karena selain dimensinya tidak besar, setir new mobil berkantung-udara ganda ini ditunjang oleh Electric Power Steering (EPS).

Performa mesinnya sendiri tidak mengecewakan. Dengan tenaga  90 hp dan torsi 116,7 Nm, Sirion cukup bertenaga di jalan menanjak dan lincah di kecepatan rendah. Namun, sepertinya transmisi 4-speed terasa masih kurang, sepertinya kita butuh tambahan 1-speed lagi agar lebih memuluskan perjalanan.

Bagaimana dengan konsumsi BBM new Sirion? Kami sendiri menorehkan sekitar 13 km/liter.

Anyway, new Sirion 2016 jelas semakin menarik dengan semua revisinya. Jika Anda tertarik selakan tebus dengan uang Rp 155,825 juta untuk tipe M/T dan versi otomatisnya lebih mahal Rp 11 juta. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual