Teknik Smart, Percepat Perbaikan Body Mobil

Panduan Pembeli

Teknik Smart, Percepat Perbaikan Body Mobil

BEKASI – Body Repair Autoglad yang dioperasikan oleh PT PT Indomobil Sompo Japan diklaim memiliki sejumlah teknologi baru dari Jepang. Salah satunya adalah teknik perbaikan dengan menggunakan Small – Medium Area Repair Technique (Smart).

Teknik perbaikan ini dilakukan untuk mobil-mobil minor seperti penyok kecil karena bentukan kerikil atau batu. Dengan teknik ini, perbaikan bisa dilakukan dengan hitungan waktu menit saja, cocok untuk mereka yang hanya memiliki sedikit waktu untuk memperbaiki mobil.

“Teknik ini menggunakan alat magnetic, jadi dia tidak merusak panel. Dia hanya menarik panel saja dan mengembalikannya ke posisi (bentuk) semula tanpa harus merusak cat dan tanpa menggunakan dempul,” ungkap Ade Nurfimansyah, Kepala Bengkel Autoglad Pekayon.

Meski terbilang menarik, namun sayangnya teknik ini memiliki keterbatasan dan aturan tersendiri dalam pengerjaannya.

“Kondisinya tidak akan sempurna 100 persen tapi 90 persen panel tersebut akan kembali ke bentuk semula. Pengerjaan ini ini konsumen yang tidak mau mobilnya diketok atau di cat. Pengerjaannya juga cepat, tidak sampai 1 jam. Bila kerusakannya hanya 1 titik saja, 10 menit sudah selesai. Tapi kerusakan yang bisa diperbaiki alat ini hanya untuk penyok dengan diameter maksimal 2 cm. lebih dari itu, menggunakan metode repair dan paint normal,” tambahnya.

Meski mobil mengalami kerusakan yang tidak bisa diperbaiki dengan menggunakan metode Smart, namun Ia mengatakan bahwa perbaikan body di Autoglad tetap cepat. Untuk mobil kerusakan ringan bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu hari.

“Untuk kerusakan 4 panel atau kurang, kita bisa kerjakan dari pagi dan diambil pada sore harinya. Kerusakannya hanya ukuran lecet dan penyok. Hanya saja ukurannya kecil,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual