Tatap Masa Depan, Bosch Bangun Pabrik Semikonduktor Canggih

Berita Otomotif

Tatap Masa Depan, Bosch Bangun Pabrik Semikonduktor Canggih

STUTTGART – Bosch membangun pabrikasi wafer (materi semikonduktor tipis) di Dresden.

Untuk memenuhi kebutuhan internet of things (IoT) dan aplikasi mobilitas yang semakin meningkat, pabrik baru Bosch ini akan memproduksi chip wafer berukuran 12 inci. Pembangunan pabrik berteknologi tinggi ini akan selesai pada akhir 2019.

Setelah fase peluncuran, pekerjaan manufaktur kemungkinan akan dimulai pada akhir 2021. Total investasi di lokasi tersebut akan mencapai kira-kira satu Rp 14,9 triliun dan akan membuka lapangan pekerjaan hingga 700 karyawan.

“Pabrikasi wafer baru ini menjadi investasi tunggal terbesar dalam sejarah 130 tahun berdirinya Bosch,” kata Dr. Volkmar Denner, Ketua Dewan Manajemen Robert Bosch GmbH.

Semikonduktor Bosch

Semikonduktor adalah teknologi kunci di era modern saat ini, terutama karena proses manufaktur, mobilitas dan hunian. Semua aspek dalam kehidupan modern menjadi semakin terhubung, berdaya listrik dan otomatis.

Proses pembuatan chip semikonduktor selalu dimulai dengan cakram silikon yang dikenal sebagai wafer. Semakin besar diameternya, semakin banyak chip yang bisa dibuat per siklus produksi.

Dibandingkan dengan wafer konvensional yang berukuran 6” dan 8”, teknologi wafer 12” ini akan menawarkan skala ekonomis.

Hal tersebut menjadi penting karena memungkinkan Bosch untuk dapat memenuhi peningkatan permintaan semikonduktor yang didorong oleh mobilitas terhubung, aplikasi terkait rumah pintar dan kota pintar. 

"Semikonduktor adalah komponen inti dari semua sistem elektronik. Semakin berkembangnya konektivitas dan otomatisasi, maka semikonduktor pun kian banyak digunakan di banyak bidang aplikasi. Dengan memperluas kapasitas produksi semikonduktor yang kami miliki, kami menciptakan dasar yang kuat untuk masa depan dan memperkuat daya saing,” tambah Denner.

Berdasarkan studi PricewaterhouseCoopers, pasar semikonduktor global diperkirakan akan tumbuh lebih dari 5 persen per tahun hingga 2019. Tentunya dengan pasar mobilitas dan IoT mengalami pertumbuhan sangat kuat. [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support