Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tarif Tol Semarang-Solo Naik Tanggal 27 Juni 2021, Ini Detailnya

Berita Otomotif

Tarif Tol Semarang-Solo Naik Tanggal 27 Juni 2021, Ini Detailnya

SEMARANG  - Tarif Jalan Tol Semarang – Solo resmi akan disesuaikan pada hari Minggu, 27 Juli pukull 00.00.

Hal ini disampaikan oleh PT Trans Marga Jateng selaku pengelola Ruas Jalan Tol Semarang-Solo melalui akun Instagram @official.jasamargatransjawatol telah menyampaikan detail tarif baru dari tol tersebut. Dalam keterangannya disebutkan bahwa penyesuaian tarif tersebut telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021.

Dalam detail tarif disebutkan bahwa tarif termurah adalah dari Banyumanik ke Ungaran dan sebaliknya. Untuk golongan I, tarif yang dikenakan adalah Rp8500 sementara Golongan II dan III dikenakan tarif Rp13.000. Untuk tarif golongan IV dan V adalah sebesar Rp17.000.

Detail Tarif Tol Semarang Solo

Untuk tarif tertinggi adalah Banyumanik – Kartasura dan sebaliknya. Untuk Golongan I dikenakan tarif Rp75.000 sedangkan untuk tarif Golongan II dan III dikenakan Rp112.500. Sementara itu Golongan IV dan V dikenakan tarif sebesar Rp150.000.

Sosialisasi terhadap tarif tersebut diklaim akan terus dilakukan. Mereka juga kembali melakukan sejumlah sosialisasi terhadap pelayanan yang telah ditingkatkan guna memberikan kenyamanan lebih saat berkendara. Salah satunya adalah melakukan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan layanan di ruas jalan tol.

Detail Tarif Tol Semarang Solo

Salah satu hal menjadi perhatian mereka adalah adanya pekerjaan pembuatan marka Speed Reducer yang berlokasi di KM 429+600 s.d KM 428+300 lajur 1 Ruas Jalan Tol Semarang - Solo arah Jakarta. Fitur ini diharapkan bisa menurunkan kecepatan kendaraan sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara.

Selain itu mereka juga menyampaikan kembali beragam keuntungan bila menggunakan jalan tol Semarang – Solo. Salah satuny adalah jarak dan waktu tempuh yang lebih sedikit efisien bila dibandingkan dengan menggunakan jalur arteri.

Bila melalui jalan nasional, maka masyarakat perlu menempuh jarak sejauh 83 km selama 2,5 jam dari Semarang ke Solo. Sementara bila menggunakan jalan tol maka jarak menjadi lebih dekat yaitu hanya 79,3 Km dan waktu tempuh hanya 1 jam. Tentunya diharapkan kenaikan tarif tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara di masa depan.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang