Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki : Swift dan Baleno Layaknya Sepasang Sepatu

Panduan Pembeli

Suzuki : Swift dan Baleno Layaknya Sepasang Sepatu

TANGERANG – Kehadiran Suzuki Baleno di Indonesia, dianggap PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak mengganggu keberadaan Swift yang telah lebih dahulu hadir.

Generasi terbaru Suzuki Baleno masuk ke Tanah Air tanpa buntut alias bagasi. Kendaraan legendaris ini masuk ke dalam kategori hatchback yang serupa dengan model SIS lainnya yakni Swift. Lalu muncul pertanyaan apakah kedua model ini tidak akan menggangu penjualan satu sama lain.

Tidak hanya masuk dalam satu segmen, Baleno dan Swift memiliki banderol yang mirip-mirip. Suzuki Baleno dijual dengan harga mulai Rp 195 juta untuk tipe M/T dan Rp 207,5 juta Suzuki Baleno A/T. Sementara Suzuki Swift GX 1.4-liter transmisi manual dijual Rp 211,5 juta dan Suzuki Swift GX 1.4-liter transmisi otomatis berbanderol Rp 220,5 juta.

Menanggapi kondisi, SIS tetap optimistis kedua produk andalannya itu tidak akan ‘saling bunuh’. Namun sebaliknya, konsumen akan mempunyai dua pilihan di kelas hatchback Suzuki.

“Menurut kami, antara Baleno dan Swift punya pasar yang berbeda, karena karakter produk dan mind perception produk pada saat produk itu dikembangkan berbeda. Suzuki Baleno itu lebih general dan Suzuki Swift itu lebih mudah, pasarnya speed lovers,” kata Donny Saputra, Direktur Marketing SIS.

Donny mengibaratkan, Suzuki Baleno dan Swift seperti sepasang sepatu. Sepatu adalah sebuah kebutuhan hidup untuk melengkapi aktivitas.

“Seperti sepatu, antara sepatu kulit dan olahraga jelas saja sudah berbeda. Harga mungkin sama, ukuran sama, tetapi peruntukkan berbeda, orang yang beli pun berbeda,” tegas Donny.

Suzuki Swift, seperti dijelaskan Donny memiliki karakteristik tersendiri, mulai menawarkan emosional lebih tinggi dengan desain lebih aerodinamis yang ciamik. Sedangkan Suzuki Baleno, ditawarkan dengan harga kompetitif namun tetap fungsional.

“Karena karateristrk produk Swift memang ditujukan untuk itu. (Untuk Swift) Jadi kita tidak berdasarkan demografis dan harga, tapi lebih kepada karakter daripada produk itu sendiri,” tutup Donny. [Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang