Suzuki Siapkan Mobil Listrik Murah, Meluncur Tak Lama Lagi

Berita Otomotif

Suzuki Siapkan Mobil Listrik Murah, Meluncur Tak Lama Lagi

TOKYO - Suzuki mulai menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Pabrikan otomotif asal Jepang itu sudah memiliki rencana menghadirkan mobil listrik berukuran kecil (kei car) dengan harga murah. 

Diberitakan Paultan, Rabu (1/12/2021), Jepang menjadi negara pertama yang akan memasarkan mobil listrik Suzuki. Belum ada detail jadwal peluncurannya, tapi yang pasti, Suzuki akan memperkenalkannya sekira empat tahun lagi atau tepatnya pada 2025 mendatang. 

Presiden Suzuki Toshihiro Suzuki mengatakan bahwa, kisaran harga untuk mobil listriknya berada di angka satu juta yen, apabila di rupiahkan sekitar Rp127 jutaan.

Strategi yang diambil Suzuki ini sebagai langkah untuk mengejar ketinggalan dari merek lain terutama soal kendaraan elektrifikasi. 

Sebagaimana diketahui, pesaing mereka seperti Nissan dan Mitsubishi sudah menjalin kerjasama untuk mengembangkan sekaligus memasarkan mobil listrik di Jepang tahun depan. Namun, harga yang ditawarkan untuk mobil listrik hasil racikan kedua merek ternama itu sedikit lebih mahal, yakni dua juta yen atau sekira Rp265 jutaan. 

“Saya tidak dapat menyangkal bahwa kami tertinggal dari pesaing, tetapi pengembangan infrastruktur dan pembuatan produk yang dapat diterima pelanggan juga diperlukan. Kami bertujuan untuk memperkenalkan kei car pada tahun 2025,” kata Toshihiro Suzuki.

Meski Murah Mobil Listrik Suzuki Berkualitas

Saat ini mobil listrik kecil berharga murah banyak beredar di China, kendati demikian Toshihiro Suzuki meyakini bahwa, mereka belum tentu bisa menguasai pasar di segmen tersebut. 

“Kami masih belum yakin apakah mereka akan mengambil alih pasar. Berdasarkan keandalan baterai dan faktor lainnya, saya kira mereka tidak akan bisa dikendarai di Jepang seperti sekarang ini,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, mobil listrik kecil racikan Suzuki akan mampu bersiang dalam hal kualitas, meski harga yang ditawarkan cukup terjangkau. 

"Kuncinya adalah membuat produk menggunakan bahan ringan dengan biaya serendah mungkin. Kami akan bekerja sama dengan Toyota sebagai pemimpin aliansi untuk mengembangkan teknologi," terang dia.

Suzuki Indonesia Fokus Kembangkan Kendaraan Elektrifikasi

Suzuki Indonesia sendiri mulai fokus untuk mengembangkan kendaraan elektrifikasi dalam rangka mendukung program pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca.

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” tutur Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Suzuki Indonesia memutuskan menghentikan produksi dan pemasaran salah satu kendaraan konvensioanlnya, Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. 

"Kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," pungkas dia.

Penulis: Santo Sirait




Berita Utama


Komentar